Maufiroh, Amsuri (2020) Penerapan Strategi Komunikasi Bisnis di Koperasi Syariah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) NU Jawa Timur Cabang Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Cover_PBS.pdf Download (115kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf Download (318kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Lembar_Pengasahan_PBS.pdf Download (207kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Abstrak_PBS.pdf Download (87kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (10kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_BAB_I_PBS.pdf Download (310kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_BAB_II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_BAB_III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_BAB_IV_PBS.pdf Download (511kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_BAB_V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (119kB) |
|
Text
Maufiroh Amsuri_20160703020113_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PBS.pdf Download (212kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis Strategi Komunikasi bisnis adalah strategi komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis maupun lisan. Komunikasi non verbal menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh, sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contohnya menggertakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan, menggerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berpikir keras. Seorang komunikator dalam dunia bisnis yang baik harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat atau media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara efektif dan efisien, sehingga tujuan penyampaian dapat tercapai pesan-pesan bisnis. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh BMT NU Cabang Larangan, Peluang dan ancaman dalam menerapkan strategi komunikasi bisnis di BMT NU Cabang Larangan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informannya adalah kepala cabang, karyawan, dan nasabah BMT NU Cabang Larangan. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama bentuk strategi komunikasi yang diterapkan di BMT NU Cabang Larangan alat elektronik berupa handphone yang merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat, dan handphone juga merupakan alat komunikasi yang paling efektif. Brosur juga merupakan alat komunikasi yang cukup baik dan efektif, perancangan desain brosurdapat membantu pihak BMT NU Cabang Larangan untuk memasarkan produk dan jasa yang dimilikinya agar dapat diketahui oleh masyarakat luas. Banner digunakan sebagai media publikasi dan promosi suatu produk BMT NU Cabang Larangan yang berperan penting dalam strategi komunikasi karena mudah untuk dibaca oleh masyarakat luas. Stiker sering kali digunakan sebagai salah satu dari sekian banyak media komunikasi, dengan stiker dapat mengkomunikasikan citra perusahaan, himbawan dan juga foto lembaga. Dengan adanya alat komunikasi tersebut tentu sangat menunjang keberhasilan suatu lembaga, seperti halnya BMT NU Cabang Larangan. Kedua peluang dari strategi komunikasi bisnis di BMT NU Cabang Larangan yaitu, pemimpin BMT NU Cabang Larangan dapat meningkatkan loyalitas, pemimpin BMT NU Cabang Larangan dapat meningkatkan kreatifitas, pemimpin BMT NU Cabang Larangan dapat meningkatkan partisipasi karyawan. Ancaman dri strategi komunikasi bisnis di BMT NU Cabang Larangan yaitu, adanya perbedaan sifat dari setiap karyawan menyebabkan setiap orang menanggapi masalah dengan cara yang berbeda, adanya perbedaan karakter dari setiap karyawan dapat berdampak pada menurunnya sistem komunikasi bisnis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 04:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1017 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |