Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep

Putri, Dinda Ainun Eka (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Cover_PBS.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Lembar Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Abstrak_PBS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_BAB I_PBS.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_BAB IV_PBS.pdf

Download (848kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Dinda Ainun Eka Putri_20160703020052_Surat_Pernyataan Keaslian_Tulisan_PBS.pdf

Download (378kB)

Abstract

KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep merupakan KSPP Syariah BMT NU dengan anggota terbanyak nomor dua. KSPP Syariah BMT NU mengembangkan usaha-usaha produktif dengan mendorong kegiatan menabung dan melakukan pembiayaan. Salah satu sistem layanan yang diberikan oleh KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep adalah sistem jemput bola, hal tersebut bernilai positif karena mempermudah anggotanya untuk menabung. Namun disisi lain salah satu anggota memberikan pernyataan bahwa dalam hal pelayanan, karyawan KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan tidak memberikan penjelasan tentang produk tabungan yang akan dibuka, hanya menganjurkan untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi anggota. Hal tersebut bisa saja menimbulkan ketidak sesuaian antara harapan dengan kualitas layanan dan menyebabkan manfaat yang dirasakan oleh anggota tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Secara umum, anggota akan merasa puas apabila manfaat produk serta layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas layanan dan nilai pelanggan secara simultan terhadap kepuasan anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep (2) menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep (3) menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kualitas layanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Hal ini dibuktikan dari Hasil uji Anova diperoleh nilai Fhitung sebesar 282,041 > Ftabel sebesar 3,09 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kedua, Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Uji t diperoleh thitung sebesar 7,585 dengan taraf signifikan 0,000 , sedangkan nilai ttabel sebesar 1,98472. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05, dan nilai t hitung > t tabel (7,585 > 1,98472). Ketiga, Nilai pelanggan tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung sebesar 1,466 dengan taraf signifikan 0,146, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,98472. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,146 > 0,05 dan nilai thitung < t tabel (1,466 < 1,98472 ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_010 ??
?? m_029 ??
?? m_066 ??
?? m_073 ??
?? m_082 ??
?? m_091 ??
?? m_130 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:43
Last Modified: 24 Feb 2021 02:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1022

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item