Penggunaan Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu Tahun Pelajaran 2019/2020

Susilawati, Endang (2020) Penggunaan Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Cover_TBIN.pdf.pdf

Download (159kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Lembar_Persetujuan _Pembimbing_TBIN.pdf.pdf

Download (66kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf.pdf

Download (316kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Abtrak_TBIN.pdf.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Daftar_Isi_TBIN.pdf.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_BAB I_TBIN.pdf.pdf

Download (150kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_BAB II_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_BAB III_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_BAB IV_TBIN.pdf.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_BAB V_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf.pdf

Download (92kB)
[img] Text
ENDANG SUSILAWATI_20160701070026_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TBIN.pdf.pdf

Download (44kB)

Abstract

SMP Negeri 1 Pademawu terletak pada Jln Pademawu Barat yang mengedepankan pendidikan karakter dan juga cinta terhadap lingkungan. Akan tetapi, siswa SMP Negeri 1 Pademawu pada pembelajaran Bahasa Indonesia bahwa keterampilan berbicanya masih rendah. Seperti saat di kelas, guru melakukan kegiatan tanya jawab. Anak berbicara dengan asal, dan anak belum konsentrasi. Hanya beberapa anak saja yang mampu berbicara dengan tepat. Ketermpilan berbicara anak dapat diasah melalui berbagai cara. Salah satu cara yang digunakan yaitu menggunakan metode talking stick karena dengan menggunakan metode tersebut proses pembelajaran lebih maksimal menarik sehingga keterampilan berbicara anak akan berkembang dengan optimal. Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, yaitu, pertama, Bagaimana penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII , kedua , Bagaimana respon siswa setelah penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII , ketiga, Apa saja faktor penghambat dan pendorong dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber datanya adalah guru serta siswa kelas VIII. Adapun prosedur pengumpulan data dengan cara wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, serta dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data untuk mendapatkan jumlah temuan penelitian. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan metode talking stick dalam pembelajaran ketrampilan berbicara siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yang cukup mudah di aplikasikan sehingga dapat lebih mengasah siswa untuk lebih memahmi mengenai materi yang telah di sampaikan oleh guru juga dapat mengasah siswa dalam meningkatkan ketermpilan berbicara. Kedua Respon siswa setelah penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII sangat baik karena bisa membuat siswa senang dan antusiasme dalam proses pembelajaran, membuat siswa untuk berani berbicara di depan temannya, juga dengan pembelajaran metode talking stick siswa cepat paham pada penyampaian materi pembelajaran. Ketiga, Faktor penghambat penggunaan metode talking stick siswa kelas VIII guru merasa kesulitan dalam mengemas KBM,guru merasa kesulitan dalam menjaga ketenangan kelas. Adapun faktor pendukungnya, siswa merasa tidak bosan dalam mengkuti pembelajaran, siswa mampu berfikir kritis. Siswa juga mampu membangun kerjasama dan komunikasi yang baik, dan keterampilan berbicara siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_071 ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Albab 199204152019031005 Albaburrahim
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:26
Last Modified: 14 Aug 2020 05:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/103

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item