Pengaruh Kualitas Pelayanan ATM Cardless Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan

Kamilia, Hardiana (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan ATM Cardless Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Cover_PBS.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Halaman_Persetujuan_PBS.pdf

Download (566kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Halaman_Pengesahan_PBS.pdf

Download (660kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Abstrak_PBS.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_BAB I_PBS.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_BAB IV_PBS.pdf

Download (797kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Kamilia Hardiana_20160703020098_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PBS.pdf

Download (474kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Automatic Teller Machine, Kepuasan Nasabah, Cardless. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan merupakan salah satu lembaga perbankan yang menyediakan teknologi bersifat self service berupa mesin ATM dengan metode Cardless. Dalam menjaga tingkat kepuasan nasabahnya, lembaga perbankan perlu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk menghitung dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan ATM Cardless (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Kedua, untuk menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil uji signifikan secara simultan (uji F) diperoleh Fhitung 136,909 > Ftabel 2,32 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Hasil uji signifikan secara parsial (uji t) variabel keandalan (X1) diperoleh thitung -0,980 < ttabel 1,66342 dengan taraf signifikan 0,330 > 0,05. Variabel daya tanggap (X2) diperoleh thitung 0,767 < ttabel 1,66342 dengan taraf signifikan 0,445 > 0,05. Variabel jaminan (X3) diperoleh thitung 9,176 > ttabel 1,66342 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Variabel empati (X4) diperoleh thitung 2,853 > ttabel 1,66342 dengan taraf signifikan 0,005 < 0,05. Variabel bukti fisik (X5) diperoleh thitung 11,104 > ttabel 1,66342 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t dapat disimpulkan variabel keandalan dan daya tanggap tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan variabel jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Variabel yang paling berpengaruh dapat diketahui dari nilai koefisien regresi masingmasing variabel independen. Berdasarkan nilai koefisien regresinya, variabel jaminan (X3) sebesar 0,934 atau 93,4% adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:44
Last Modified: 18 Jul 2024 02:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1048

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item