Desain Kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester di MTsN 3 Pamekasan

Nor, Hidayanti (2021) Desain Kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester di MTsN 3 Pamekasan. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
1. Cover tesis-norhidayanti.pdf

Download (138kB)
[img] Text
2. pernyataan keaslian.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING-tesis norhiayanti.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. lembar pengesahan penguji tesis.pdf

Download (236kB)
[img] Text
5. ABTRAK-tesis.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
7. BAB I-tesis.pdf

Download (440kB)
[img] Text
8. BAB II-tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
9. BAB III-tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (565kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABTRAK Nor Hidayanti, 2013, Desain Kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester di MTsN 3 Pamekasan, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing. Dr. Siswanto, M. Pd.I dan Dr. Buna’i S. Ag. M. Pd. Kata kunci: Desain Kurikulum, Sistem Kresit Semester Pada umumnya Sistem Kredit Semester digunakan di Sekolah tingi namun sudah banyak sekolah menengah atas (SMA) yang menggunakan sistem kredit semester dan tidak banyak SMP/MTs khususnya di Madura yang pembelajarannya menggunakan sistem kredit semester mengingat siswa pada usia setingkat SMP/MTs dianggap masih belum mampu dan siap dalam menerima pemebejaran mandiri seperti pada pembejaran SKS, namun itu yang menjadi ketertarikan bagi peneliti untuk mengkaji dan meneliti pembejaran SKS pada tingkat SMP/MTs yaitu di MTsN 3 Pamekasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; bagaimanakah pola desain kerikulum madrasah berbasis sistem kredit semester di MTsN 3 Pamekasan?, bagaimanakah kesulitan dalam menerapkan desainmkerikulum madrasah berbasis sistem kredit semester di MTsN 3 Pamekasan?, bagimanakah kelebihan desain kurikulum mdrasah berbasis sistem kredit semester di banding sistem peket di MTsN 3 Pmekasan?. Untuk menjawab permasalahan ini, deilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di pilih MTsN 3 Pamekasan yang terletak di Desa Pakong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analaisis data dilaukan selama dan setelah penelitian berangsung dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menujukan bahwa Pola desain kurikulum berbasis sistem kredit semester yang di terapkan di MTsN 3 Pamekasan yaitu, UKBM sebagai alat bantu untuk siswa agar cepat dalam menyelesaikan beban belajar. Di dalam kelas siswa di bentuk kelompok sesuai dengan penyelesaian UKBMnya, guru menjelesakan materi yang belum siswa pahami dari kelompok ke kelompok. Siswa yang peneyelsaian UKBMnya lebih banyak bisa menjadi tutor sebaya bagi teman-temannya yang penyelesaian UKBMnya lebih sedikit. Siswa boleh meminta ujian atau penilaian harian lebih tanpa harus menunggu teman-temannya yang lain jika siswa tersebut telah tuntas UKBM dan merasa paham pada materinya, Kesulitan penerapan sistem kredit semester pada siswa adalah tidak semua mata pelajaran mampu dikuasai oleh siswa. Tim perumus pedoman kesulitan dalam merumuskan pedoman SKS, agar saat di laksanakan baner-benar sesuai harapan dan tujuan. Guru merasa kesulitan dalam pembuatan UKBM karena sebelumnya guru terbiasa dengan soal-soal yang ada di buku paket atau LKS dan harus terus di revisi dalam setiap semester. Guru harus mempu menghadapi dan memotifasi siswa yang mempunyai keterlambatan belajar agar tidak tertinggal dengan temannya yang lain. Untuk masa pandemi covid 19 ini guru dan siswa merasa kesulitan dalam memberi dan menerima materi dan juga UKBM sebab sinyal yang kurang baik dan kadang ada siswa yang tidak mempunya gadgen sendiri, Kelebihan dari penerapan sistem kurikulum berbasis kredit semester ini siswa dapat memilih materi yang akan diselesaikam lebih dahulu, dan boleh untuk mengerjakan dengan mencari sumber lain diluar Madrasah. Selain itu siswa boleh lulus di dua tahun jika semua tugas UKBM bisa diselesaikan lebih cepat. Adapun kekurangan dari Sistem Kredit Semester ini adalah guru tidak bisa memantau apakah hasil tugas UKBM memang dikerjakan sendiri atau dikerjakan oleh orang lain, namun guru memiliki metode dengan kembali mengulas bertanya kepada siswa mengenai penjelasan UKBM yang telah sesali dikerjakan. Berdasarkan uraian di atas, Lembaga ini untuk terus meningkatkan koordinasi antara kepala Madrasah dengan guru pengajar berkaitan dengan hambatan dalam pembelajran SKS. Di samping itu, Lembaga perlu terus inovatif menerapkan pemebelajaran SKS mengingat tipelogi siswa dalam memahami pelajaran yang berbeda-beda, sehingga penerapan SKS ini mampu ditransformasikan bagi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:24
Last Modified: 18 Feb 2021 04:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1067

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item