MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAFSIR SAINS PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI KELAS IPA MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PEMEKASAN

Najibul, Fawaid (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAFSIR SAINS PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI KELAS IPA MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PEMEKASAN. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
a) Najibul Fawaid_20160721074_Cover-PAI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
b) Najibul Fawaid_20160721074_Surat_Pernyataan_Keaslian_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
c) Najibul Fawaid_20160721074_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
d)Najibul fawaid_20160721074_ lembar pengesahan_PAI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
e) Najibul Fawaid_20160721074_Abstrak_PAI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
f) Najibul Fawaid_20160721074_DAFTAR-ISI_PAI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
g) Najibul Fawaid_20160721074_BAB I_PAI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
h) Najibul Fawaid_20160721074_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
i) Najibul Fawaid_20160721074_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
j) Najibul Fawaid_20160721074_BAB IV_PAI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
k) Najibul Fawaid_20160721074_BAB V_PAI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
l) Najibul Fawaid_20160721074_BAB VI_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
m) Najibul Fawaid_20160721074_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Najibul Fawaid, 2020, Manajemen Pembelajaran Tafsir Sains Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Di Kelas IPA Mambaul Ulum Bata-Bata, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag. dan Dr. H. Moh. Zahid M.Ag. Katakunci: manajemen, pembelajaran, tafsir sains Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sering kali membuat manusia cendrung mendewakan akal pikirannya. Hal tersebut karena dipengarhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang notabenenya dikuasi oleh barat yang bersifat rasionalitas akal pikiran. Sehingga perpaduan antara ilmu pengetahuan dan hukum Islam perlu untuk dilakukan terlebih dibidang sains. Maka perlu untuk mengkolaborasikan antara tafsir dengan sains. Dengan demikian pembelajaran dan kajian tentang tafsir sains sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, dibuhkan suatu manajemen pembelajaran tafsir sains untuk menciptakan pembelajaran yang afektif dan efisien. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian di MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi terhadap jumlah sumber-sumber terkait. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata terdiri dari: perumusan tujuan pembelajaran, penentuan materi tafsir sains, menentukan metode dan media yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembelajar yang semuanya dikemas dalam bentuk RPP dan silabus; (2) Pelaksanaan pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata yaitu mengacu pada RPP. Metode yang digunakan guru berupa ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan. Media yang digunakan yakni media video; (3) Evaluasi pembelajaran tafsir sains di kelas IPA MA Mambaul Ulum Bata-Bata berbentuk tes yakni tes tulis dan tes lisan. Tes tulis berupa ulangan harian, ulangan tengan semester, ulangan semester, ulangan atau tugas remedi. Tes lisan berupa hafalan ayat-ayat tafsir sains. Berdasarkan uraian diatas, MA Mambaul Ulum Bata-Bata dalam mengelola pembelajaran tafsir sains sudah cukup baik, pembelajaran dikemas dan dilaksanakan secara sistemais dengan perencanaan yang cukup matang, dan didukung dengan ketersedian sarana dan prasarana seperti media audio visual dan buku-buku tafsir di perpustakaan sekolah, sehingga pembelajaran tafsir sains bisa terlaksana dengan baik. Walaupun demikian, pihak sekolah harus tetap meningkatkan kualitas sumber daya pendudukung serta meningkatkan kompetensi guru untuk mencetak siswa yang mampu bersaing di tengah perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:52
Last Modified: 25 Feb 2021 07:52
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1146

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item