Penggunaan Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas X di SMAN 5 Pamekasan

Lusiana, Lusiana (2020) Penggunaan Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas X di SMAN 5 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_COVER_TBIN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_BAB I_TBIN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_BAB IV_TBIN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_DAFTAR PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LUSIANA FERNANDA_20160701070061_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya fenomena tentang pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan aduio visual. Dalam interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa indonesia secara daring dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok, yaitu: pertama, bagaimana penggunaan audio visual dalam dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa kelas x di SMAN 5 Pamekasan? Kedua, apakah faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa kelas x di SMAN 5 Pamekasan? Ketiga, bagaimana solusi guru mengatasi faktor penghambat dalam penggunaan audio visual dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa kelas x di SMAN 5 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai pendekatanpenelitian yang deskriptif. Sumber datanya adalah kelas X SMAN 5 Pamekasan dan peneliti sebagai instrumennya, sedangkan pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga prosedur yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru bahasa indonesia dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian menujukkan bahwa: pertama, bagaimana penggunaan audio visual dalam pembelajaran ketampilan menyimak dengan menggunakan media youtube, guru menyebutkan kompetensi dasar, menyebutkan tujuan pembelajaran, guru memberikan tautan materi pembelajaran yang dapat di unggah lewat aplikasi youtube. Kedua: faktor pendukung dan penghambat penggunaan keterampilan menyimak. Faktor pendukung yaitu menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah, menggunakan grup whatsapp, siswa diperbolehkan menggunakan wifi sekolah. Faktor penghambat yaitu paket atau kuota, siswa terkendala di telepon genggam karena tidak semua siswa memiliki telepon genggam, jaringan internet yang tidak lancar, siswa sering mengeluh dan kesulitan dalam memahami materi yang ada di youtube, keterbatasan waktu saat siswa mengerjakan tugas yang ada di youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71F ??
?? m_071 ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:50
Last Modified: 24 Mar 2021 03:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1167

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item