Jannah, Masruratul (2020) Keterampilan Mengajar Guru IPS Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Di Kelas VIII SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Masruratul Jannah _20160701080059_Cover_TIPS.pdf Download (102kB) |
|
Text
c) Masruratul Jannah_20160701080059_Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_TIPS.pdf Download (87kB) |
|
Text
d) Masruratul Jannah_20160701080059_Lembar_ Pengesahan_TIPS.pdf Download (270kB) |
|
Text
e) Masruratul Jannah _20160701080059_Abstrak_TIPS.doc Download (39kB) |
|
Text
f) Masruratul Jannah _20160701080059_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (173kB) |
|
Text
g) Masruratul Jannah_20160701080059_BAB I_TIPS.pdf Download (329kB) |
|
Text
h) Masruratul Jannah_20160701080059_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
Text
i) Masruratul Jannah_20160701080059_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
j) Masruratul Jannah_20160701080059_BAB IV_TIPS.pdf Download (348kB) |
|
Text
k) Masruratul Jannah_20160701080059_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
l) Masruratul Jannah_20160701080059_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (295kB) |
|
Text
b) Masruratul Jannah_20160701080059_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (84kB) |
Abstract
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Kemampuan Kognitif Siswa. Keterampilan mengajar guru sangat berkaitan dengan fenomena yang ada dilapangan dan masalah tingkat keterampilan guru yang minim, dan siswa beranggapan mata pelajaran IPS itu membosankan karena hanya menceritakan, menghafal, membaca, dan menulis. Maka dari itu dibutuhkan sebuah keterampilan mengajar guru IPS untuk menumbuhkan minat belajar siswa, sehingga dibutuhkan sebuah keterampilan guru agar tujuan dalam ranah kognitif siswa dapat tercapai. Adapun permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama yaitu Bagaimana keterampilan mengajar guru IPS berbasis kemampuan kognitif siswa di kelas VIII SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan?, yang kedua Apa hambatan keterampilan mengajar guru IPS berbasis kemampuan kognitif siswa di kelas VIII di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan interview, observasi, dan analisis dokumentasi. Informasi dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru pengajar IPS, Wali kelas VIII SMP Al-Faqih, Siswa kelas VIII SMP Al-Faqih. Teknik yang digunakan untuk mengecek kreadibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, observasi mendalam, triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan, pertama, Keterampilan mengajar guru IPS berbasis kemampuan kognitif siswa di kelas VIII SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan, bahwasanya pada saat membuka pelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa, pada saat kegiatan inti disini guru pengajar menggunakan berbagai macam metode yang telah disesuaikan dengan materi pembelajaran dan tidak hanya menggunakan metode ceramah saja, dan memberikan penguatan literasi pada akhir pelajaran, sebelum memasuki pelajaran guru IPS menyuruh siswa membaca selama lima menit supaya tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kedua, Apa hambatan yang dihadapi guru IPS berbasis kemampuan kognitif siswa, yakni terdapat siswa yang tidak fokus pada saat pembelajaran berlangsung, dan kemampuan siswa yang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga guru harus memahami anak didiknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71O ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 04:56 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 04:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1180 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |