Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mengaktifkan Siswi Belajar IPS di MTs Al-Amien Tegal Putri Prenduan

Fairus, Dania (2020) Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mengaktifkan Siswi Belajar IPS di MTs Al-Amien Tegal Putri Prenduan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Dania Fairus_2016070100023_Cover_TIPS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
c)Dania fairus_20160701080023Lembar_persetujuan_TIPS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
d)Dania fairus_20160701080023Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (53kB)
[img] Text
e) Dania Fairus_2016070100023_Abstrak_TIPS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
f) Dania Fairus_2016070100023_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (76kB)
[img] Text
g) Dania Fairus_2016070100023_BAB I_TIPS.pdf

Download (118kB)
[img] Text
h) Dania Fairus_2016070100023_BAB II _Tips.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
i) Dania Fairus_2016070100023_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
J) Dania Fairus_2016070100023_BAB IV_TIPS.pdf

Download (426kB)
[img] Text
k) Dania Fairus_2016070100023_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
l) Dania Fairus_2016070100023_DAFTAR_PUSTAKA_TIPS.pdf

Download (72kB)
[img] Text
b)Dania fairus_20160701080023_Keaslian Penulis_TIPS.pdf

Download (59kB)

Abstract

Kata Kunci :Pendidikan, PendekatanSaintifik, BelajarAktif. Pendidikan adalah suatu kegiatan yang produktif, maka keberhasilan dari proses pendidikan dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pendidik atau guru. Dalam kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran di arahkan untuk memberdayakan semua potensi yang di miliki siswi agar mereka memiliki kompetensi yang diharapkan. Pendekatan Saintifik sangat efektif jika digunakan kepada peserta didik karna konsep dasar yang sangat mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari pemikiran tentang bagaimana metode pembelajaran diterapkan berdasarkan teori tertentu. Berdasarkan konteks penelitian, maka ada beberapa penelitian yang dapat di ajukan dalam penelitian ini yaitu ada tiga titik focus penelitian, yaitu : 1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran IPS yang menggunakan Pendekatan Saintifik di MTs Al-Amien Tegal Putri Prenduan. 2) Bagaimana Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran IPS di MTs AlAmien Tegal Putri Prenduan, 3) Bagaimana Dampak Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Keaktifan Siswi Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Amien Tegal Putri Prenduan. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan keadaan secara naratif kualitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang paling sederhana di bandingkan dengan penelitian-penelitian yang lain. Adapun prosedur pengumpulan datanya yaitu dengan cara Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Penerapan Pendekatan Saintifik mengahsilkan hasil yang maksimal karena siswi MTs AlAmien Tegal Putri sangat aktif dan sangat antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas, banyak metode yang digunakan oleh guru salah satunya yaitu metode belajar kelompok, diskusi atau rool playing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:54
Last Modified: 25 Mar 2021 04:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1184

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item