Efektivitas Penggunaan EMIS (Education Management Information System) Dalam Menunjang Mutu Pelayanan Informasi Madrasah Di MTS Raudlatul Athfal Tambak Omben Sampang

Sholehah, Imamatus (2021) Efektivitas Penggunaan EMIS (Education Management Information System) Dalam Menunjang Mutu Pelayanan Informasi Madrasah Di MTS Raudlatul Athfal Tambak Omben Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Imamatus Sholehah_20170701042087_Cover_MPI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
c. Imamatus Sholehah_20170701042087_Lembar_Persetujuan_MPI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
d. Imamatus Sholehah_20170701042087_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
e. Imamatus Sholehah_20170701042087_Abstrak_MPI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
f. Imamatus Sholehah_20170701042087_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
g. Imamatus Sholehah_20170701042087_BAB I_MPI.pdf

Download (650kB)
[img] Text
h. Imamatus Sholehah_20170701042087_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
i. Imamatus Sholehah_20170701042087_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
j. Imamatus Sholehah_20170701042087_BAB IV_MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k. Imamatus Sholehah_20170701042087_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
l. Imamatus Sholehah_20170701042087_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
b. Imamatus Sholehah_20170701042087_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Penulisan_MPI.pdf

Download (229kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sistem informasi manajemen khususnya yang ada di Madrasah yaitu sistem yang bernama Education Management Information System (EMIS), SIM EMIS ini sangtalah tebilang baru dimana dalam penerapannya dilakukan dengan menggunakan teknologi modern, hingga sampai saat ini sistem EMIS terus mengalami perkembangan dalam pengoprasiannya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan EMIS khususnya dalam menunjang mutu pelayanan informasi madrasah yang ada di MTS Raudlatul Athfal Tambak Omben Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, subjek dalam pnelitian ini ialah MTS Raudlatu Athfal Tambak Omben Sampang yaitu mencakup kepala sekolah, guru, khusunya operator madrasah selaku pengelola SIM EMIS yang berada di lokasi penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang ialah dengan cara mendeduksi data, meyajikan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pengelolaan EMIS yang dilakukan di MTS Raudlatul Athfal Tambak Omben Sampang meliputi pengelolaan EMIS yang lebih merujuk kepada kegiatan merancang, mengorganisasi, pengaplikasian serta evaluasi dari EMIS, hal ini berkenaan dengan pengelolaan EMIS yang sudah tersutuktur dari pusat. sedangkan (2) dalam penggunaanya EMIS lebih cendrung digunakan sebagai sistem pendataan madrasah yaitu mencakup data madrasah, siswa, guru, dan sarana prasarana yang dimiliki oleh madrasah, selain itu penggunaan EMIS juga sangat diarahkan sebagai bentuk dari pelayanan informasi madrasah, hal ini berdasarkan fungsi EMIS yang mampu menghasilkan informasi yang akurat, cepat dan tepat, dengan pengelolaan dan penggunan EMIS yang efektif maka EMIS digunakan sebagai salah satu bentuk pelayanan informasi madrasah. adapun biasanya EMIS juga digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan informasi madrasah, menjadikan EMIS sebagai pusat dari informasi madrasah, sebagai bentuk pemberian layanan informasi serta sebagai acuan dalam memperoleh dana BOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71G ??
?? m71H ??
?? m_071 ??
?? m_073 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:02
Last Modified: 26 Mar 2021 03:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1237

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item