PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI SISWA YANG SERING TERLAMBAT DI SMP NEGERI 1 PAMEKASAN

Firdausi, Aisyah (2019) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI SISWA YANG SERING TERLAMBAT DI SMP NEGERI 1 PAMEKASAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
AISYAH FIRDAUSI (skripsi pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah Firdausi 2019, “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Memotivasi Siswa yang Sering Terlambat di SMP Negeri 1 Pamekasan” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd. Kata Kunci: Peran, guru bimbingan dan konseling, motivasi, terlambat. Guru bimbingan dan konseling memiliki tanggung jawab dan wewenang dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. Perilaku terlambat datang kesekolah merupakan perilaku maladaptif yang sering kita jumpai, tak terkecuali di SMP Negeri 1 Pamekasan. Sehingga untuk mengatasi keterlambatan tersebut, guru BK memberikan treatment untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan yang dilakukan oleh siswa. Salah satunya dengan memberikan motivasi terhadap siswa yang sering terlambat agar perilaku tersebut tidak terulang kembali. Penelitian ini memiliki beberapa fokus penelitian. Pertama, Apa saja faktor penyebab siswa yang sering terlambat di SMP Negeri 1 Pamekasan? Kedua, Apa saja layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa yang sering terlambat di SMP Negeri 1 Pamekasan? Ketiga, Apa saja kesulitan guru BK dalam memotivasi siswa yang sering terlambat di SMP Negeri 1 Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah siswa dan guru BK di SMP Negeri 1 Pamekasan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, tiangulasi, dan uraian rinci Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran guru BK dalam memotivasi siswa yang sering terlambat di SMP Negeri 1 Pamekasan sudah cukup baik, keterlambatan siswa sudah mengalami penurunan. Siswa yang sering terlambat terjadi karena disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu internal (siswa bangun kesiangan) dan eksternal (kendala saat perjalanan dan orangtua yang lalai terhadap kedisiplinan siswa). Guru BK sudah menjalankan peranannya dengan memberikan layanan BK kepada siswa yang sering terlambat, meliputi: Layanan konseling individual, layanan konsultasi, dan layanan informasi. Walaupun demikian, pemberian motivasi kepada siswa yang sering terlambat dihadapkan dengan kesulitan yang dialami oleh guru BK, kesulitan tersebut terjadi karena orangtua yang kurang mendukung serta sulit merubah kebiasaan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:51
Last Modified: 24 Jan 2023 03:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1241

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item