Fadilah, Aprilia Nor (2019) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) RENDAH DI MAN 1 PAMEKASAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
BKPI APRILIA NOR FADILAH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Aprilia Nor Fadilah, 2019, Pelaksanaan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Yang Memiliki Intelligence Quotient Rendah Di MAN 1 Pamekasan, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M. Pd.I Kata Kunci: Konseling Individual, Meningkatkan Keterampilan Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah yaitu skor IQ 88 (dibawah rata-rata). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pelaksanaan konseling individual oleh guru BK untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan. Ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Pelaksanaan konseling individual untuk mingkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan, 2) Faktor pendukung konseling individual untuk mingkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan, 3) Faktor penghambat konseling individual untuk mingkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti meliputi ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan konseling individual konseling individual untuk mingkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan dengan mengidentifikasi masalah siswa, kemudian menetapkan masalah berdasarkan latar belakang timbulnya masalah(diagnosis), langkah selanjutnya yaitu menetapkan tindakan bantuan(prognosis) dengan memberi motivasi, solusi kepada siswa dan langkah akhir yaitu evaluasi. Kedua, faktor pendukung konseling individual untuk mingkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan yaitu: adanya kerjasama dengan wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua siswa untuk mendapatkan informasi atau data siswa dan kepala sekolah sebagai supervisor yang menilai kinerja guru BK. Ketiga, yang menjadi faktor penghambat konseling individual untuk mingkatkan keterampilan belajar siswa yang memiliki intelligence quotient (IQ) rendah di MAN 1 Pamekasan yaitu tidak ada keterbukaan siswa dalam kegiatan layanan konseling individual kepada konselor dan orang tua
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 06:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1242 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |