PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AL QUR’AN DI SMPN 4 PAMEKASAN 2019

Umam, Marhamul (2019) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AL QUR’AN DI SMPN 4 PAMEKASAN 2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Abstrak.doc

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Marhamul Umam, 2019, Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Al -Qu’ran di Smpn 4 Pamekasan 2019. Skripsi, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr.H. Atiqullah.M.Pd. Kata Kunci : peranan guru, motivasi belajar, al qur’an. Peran guru BK memberikan motivasi belajar terhadap siswa sangat penting karena motivasi mempunyai peranan yang strategis dalam aktivitas belajar seseorang. Tidak ada seorangpun yang belajar tanpa motivasi. Dalam penelitian ini tedapat 2 fokus penelitian. Pertama, bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan motivasi belajar al qur’an di SMPN 4 Pamekasan. Kedua, Apa saja bentuk-bentuk motivasi dalam belajar al qu’ran di SMPN 4 Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitataif, sementara jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data adalah Guru Bimbingan dan Konseling dan siswa. Dalam mendapatkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yakni observasi, wawancara dana dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan reduksi data, data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification. Untuk mendapatkan keabsahan data mengunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Peranan Guru BK dalam menumbuhkan motivasi belajar al qur’an di SMPN 4 Pamekasan diantaranya: (a.) Memberikan motivasi terhadap siswa untuk memiliki kemauan atau tertarik untuk belajar al qur’an. (b.) Guru BK memberikan dorongan kepada siswa yang kurang minat untuk mempelajari qur’an. (c.) Guru BK memberikan layanan individual terhadap siswa yang mempunyai masalah didalam kelas atau sering tidak memperhatikan keterangan guru, berbicara sendiri sehingga apa yang guru jelaskan tidak dipahami mengenai pembelajaran al qur’an. (d.) Guru BK memberikan bimbingan kelompok kepada semua siswa yang sudah jarang aktif dalam mengikuti program belajar al qur’an dengan cara memasuki kelas masing-masing. (e.) Guru BK sebagai penegak kedisiplinan siswa dalam hal mengikuti program belajar al qur’an. Guru BK sebagai konselor dalam hal untuk menyelesaikan permasalahan-permasahan siswa baik dalam hal kesulitan, malas, dalam belajar al qur’an. (2) Bentuk bentuk motivasi belajar al qur’an di SMPN 4 Pamekasan diantaranya: (a.) Guru BK memberikan hukuman kepada siswa yang selalu melanggar apa yang sudah diterapkan oleh guru BK, bahwa seluruh siswa harus mengikuti program belajar al qur’an. (b.) Guru BK memberikan hadiah kepada siswa yang memiliki prestasi dalam belajar membaca al qur’an, bentuk hadiah tersebut berupa penghargaan atau kenang-kenangan sesuai dengan prestasi yang ia raih. (c.) Guru BK memberikan pujian kepada siswa yang berhasil mencapai apa yang siswa raih selama dalam proses belajar membaca al qur’an, pujian itu diberikan sesuai dengan hasil kerja siswa. (d.) Guru BK memberikan hasil belajar dijadikan alat motivasi kerena dengan mengetahui hasil siswa akan terdorong dan mempertahankan nilai yang sudah di capai selama mengikuti program kegiatan belajar al qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:29
Last Modified: 24 Jan 2023 03:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1245

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item