Biadi, Rifqi (2019) PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GALIS PAMEKASAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
SKRIPSI RIFQI BIADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rifqi Biadi, 2019, Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling P|endidikan Islma (BKPI), Jurusan Tarbiyah, Pembimbing Henny Uswatun Hasanah, M. Pd. Kata Kunci : Layanan Informasi, Minat Belajar Setiap individu pasti mempunyai kebutuhan. Terutama sebagai siswa yang dibutuhkan adalah belajar. Dengan adanya layanan informasi ini akan membantu siswa memberikan semua informasi yang dibutuhkannya. Jika siswa mendapatkan informasi lebih otomatis siswa itu akan bergairah dan memiliki minat dalam belajarnya. Adapaun fokus penelitian ini adalah pertama, bagaimana langkah-langkah pelaksanaan layanan informasi untuk meningkat minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan? Kedua, bagaimana tekhnik pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan ? ketiga, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan?. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu Lembaga SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK, Siswa dan Kepala Sekolah. Data yang diambil dari data tersebut menggunakan wawancara, angket, pengamatan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain interview (wawancara), observasi (pengamatan), angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non statistik. Pelaksanaan Layanan informasi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan menggunakan langkah-langkah yaitu dengan cara, 1. Assesment (kebutuhan siswa) yaitu mencari kebutuhan siswa dengan cara menyebarkan DCM dan IKMS., 2. Membuat RPP atau RPBK yaitu dari hasil IKMS akan diketahui apa yang segera dibutuhkan oleh siswa, 3. Menyiapkan semua kebutuhan layanan yaitu menyiapkan segala alat-alat pendukung dari layanan tersebut, 4. Tingkat kepuasan siswa yaitu sejauh mana siswa suka terhadap materi yang sudah diberikan, hal ini dilakukan dengan cara penyebaran angket kepuasan siswa, 5. Evaluasi yaitu menilai sampai sejauh mana siswa memahami materi layanan tersebut. 6. Tindak lanjut 7. Pelaporan yaitu melaporkan segala proses layanan kepada pihak terkait dan didokumentasikan. Tekhnik yang digunakan oleh guru BK, yaitu 1. Klasikal/ceramah, 2. Acara khusu, 3. Melalui media yaitu sebagai alat pendukung dari pelaksanaan layanan. Faktor pendukungnya pelaksanaan layanan yaitu adanya jam masuk kelas, kerja sama dengan pihak sekolah, dan rasa humor guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketika siswa tidak masuk kelas dan siswa tidak berkonsentrasi dalam mengikuti layanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 02:02 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1251 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |