Putriyani, Merisa (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Teams Game Tournament dalam Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di SMPN 8 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Merisa Putriyani_20160701070074_Cover_TBIN.pdf Download (147kB) |
|
Text
c) Merisa Putriyani_20160701070074_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf Download (201kB) |
|
Text
d) Merisa Putriyani_20160701070074_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (212kB) |
|
Text
g) Merisa Putriyani_20160701070074_BAB I_TBIN.pdf Download (117kB) |
|
Text
h) Merisa Putriyani_20160701070074_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
i) Merisa Putriyani_20160701070074_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
j) Merisa Putriyani_20160701070074_BAB IV_TBIN.pdf Download (219kB) |
|
Text
k) Merisa Putriyani_20160701070074_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
Text
l) Merisa Putriyani_20160701070074_DAFTAR_RUJUKAN_TBIN.pdf Download (133kB) |
|
Text
b) Merisa Putriyani_20160701070074_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf Download (183kB) |
Abstract
Implementasi adalah bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana untuk mencapai tujuan kegiatan. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran kelompok yang memiliki aturan-aturan tertentu. TGT (Teams Games Tournament) adalah salah satu tipe atau model pembealajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcemen. Ada dua fokus penelitian dari penelitian ini. Yang pertama, Bagaimanakah implementasi pada tahap awal, inti, dan tahap akhir dalam model pembelajaran kooperatif dengan metode teams game tournament dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMPN 8 Pamekasan ? Yang kedua, Apa saja kendala dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode teams game tournament dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMPN 8 Pamekasan? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif sebagai jenis penelitian. Peneliti memperoleh data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian in berdasarkan observasi dan wawancara. Ada tiga langkah kegiatan dalam implementasi model pembelajaran kooperatif dengan metode teams game tournament dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan Awal, guru membuka pelajaran denga do’a dan membagi kelompok secara heterogen. Kegiatan Inti guru mengarahkan tata cara permainan dan mengamplikasikan metode teams game tournament. Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang meraih poin tertinggi. Tahap akhir mereview dan merefleksi pelajaran secara bersama dan menutup pelajaran dengan do’s. Ada beberapa kendala yang sedikit menghambat dalam metode ini yaitu membutuhkan waktu yang lama, waktu yang terbatas menghambat proses pembelajaran. Kendala yang kedua yaitu siswa sulit di atur, siswa yang sulit di atur dan tidsk mau di arahkan sangat menjadi faktor kendala. Saran Guru Bahasa Indonesia harus memiliki persiapan yang baik sebelum pergi untuk mengajar agar kegiatan yang dilakukan di kelas secara berurutan dan terarah. Sangat diharapkan para siswa untuk selalu mengembangkan potensi dan pengetahuan dalam belajar Bahasa Indonesia, serta bagi sekolah untuk memilih pendidik yang kompeten atau mengajar berdasarkan fakultasnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lulu Rif Atin |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 05:41 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 05:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/126 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |