IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEHNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 3 PAMEKASAN

Rohaniyah, Siti (2019) IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEHNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 3 PAMEKASAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
PDF SKRIPSI SITI ROHANIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Konseling Kelompok, Tehnik Role Playing,Perilaku Bullying. Perilaku bullying merupakan suatu hal yang sering terjadi pada siswa, sehingga Konseling Kelompok dengan Tehnik Role Playing merupakan suatu bantuan secara berkelompok oleh tenaga ahli dengan bermain peran untuk mereduksi perilaku bullying siswa, demi masa depan siswa yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu : pertama, Apa Saja Ciri-Ciri Perilaku Bullying Siswa Di SMA Negeri 3 Pamekasan, kedua, Bagaimana Implementasi Konseling Kelompok Dengan Tehnik Role Palying Dalam Mereduksi Perilaku Bullying Siswa Di SMA Negeri 3 Pamekasan, ketiga, Bagaimana Hasil Dari Implementasi Konseling Kelompok Dengan Tehnik Role Palying Dalam Mereduksi Perilaku Bullying Siswa Di SMA Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data yang di perolah melalui wawancara,observasi,dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisi dengan analisi data melalui 1. reduksi data meliputi checking (pengecekan), editing data ( pengeditan data ), codding ( pemberian kode ), 2.display data ( penyajian data) 3. Penarikan kesimpulan ( verification ). Kemudian seluruh data di cek keabsahaannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan juga triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama,ciri-ciri perilaku bullying siswa yang pernah terjadi seperti membentak dengan suara keras, memanggil dengan nama buruk, memfitnah misal berkata tidak benar kepada orang lain, menarik kerah baju serta korban menjadi pendiam dan turunnya prestasi akademiknya dan beberapa faktor penyebab seperti ketatnya persaingan dibidang akademik, keluarga, media massa dan teman sebaya. Kedua, pelaksannan konseling kelompok dengan tehnik role playing dalam mereuksi perilaku bullying siswa dalam melaksanakan layanan konseling kelompok melalui tahapan yang sudah ada dalam laporan BK dengan beberapa langkah yaitu persiapan dimana dalam persiapan, ada identifikasi masalah, terus adanya pelaksanaan, yaitu Perkenalan. serta yang terakhir pengakhiran evaluasi dari kegiatan atas berhasil tidaknya dan juga sampai sejauh mana6 proses konseling kelompok dengan tehnik role playing itu. Ketiga, hasil implementasi konseling kelompok dengan tehnik role playing dalam mereduksi perilaku bullying siswa sesuai dengan wawancara dan hasil observasi dimana tidak ada laporan kembali tentang perilaku bully baik dari luar ataupun dari dalam sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:55
Last Modified: 17 Jan 2023 01:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1265

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item