Nafisah, Hosniyatin (2019) Program Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1 SAMPUL-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (110kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (258kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (278kB) |
|
Text
4 ABSTRAK-HOSNIYATIN 18201501090044.docx Download (16kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (368kB) |
|
Text
6 DAFTAR IS1-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (198kB) |
|
Text
7 BAB 1-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (431kB) |
|
Text
8 BAB II-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
9 BAB III-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
10 BAB IV-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (532kB) |
|
Text
11 BAB V-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN- HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (305kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN-HOSNIYATIN 18201501090044.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci:Program Bimbingan Priadi-Sosial, Kedisiplinan Siswa Program bimbingan pribadi-sosial merupakan upaya untuk membantu individu dalam menghadapi permasalahan yang ada pada dirinya ataupun dalam lingkup lingkungannya. Dalam hal ini bagaimana individu memandang/ menanggapi program bimbingan pribadi-sosial yang diberikan oleh Guru BK di MTs Negeri 4 Pamekasan. Berdasarkan pernyataan diatas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan program bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 4 pamekasan; kedua, apa saja bentuk-bentuk pelanggaran yang dihadapi siswa terkait kedisiplinan siswa yang sering dilanggar di MTs Negeri 4 Pamekasan; ketiga, hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan program bimbingan-pribadi sosial untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 4 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru BK, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam hal ini penelitian dilakukan di MTs Negeri 4 Pamekasan pada tanggal 26-28 bulan Agustus-September. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam pelaksanaan program bimbingan pribadi-sosial di MTs Negeri 4 Pamekasan melalui beberapa tahap yaitu, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, Bentuk-bentuk pelanggaran yang dihadapi siswa terkait kedisiplinan siswa yang sering dilanggar di MTs Negeri 4 Pamekasan tidak jauh berbeda dengan yang ada disekolah lain, yaitu seperti masuk tepat waktu, sering bolos, berpakaian rapi (baju diletakkan didalam, kaos kaki, memakai dasi), potongan rambut yang tidak rapi, tidak ikut shalat dhuha bersama, terlambat masuk ke kelas bahkan sering keluar kelas, tidak mengerjakan tugas, tidak ikut upacara dan lain sebagainya. Ketiga, Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program bimbingan-pribadi sosial untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 4 Pamekasan yaitu ada 3: 1) faktor internal, dan 2) faktor ekternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 02:00 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1266 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |