Implementasi metode Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar IPA Materi Makhluk Hidup Kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang

Hasanah, Nur Faridatul (2021) Implementasi metode Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar IPA Materi Makhluk Hidup Kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_Cover_PGMI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_halaman persetujuan .pdf

Download (194kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_201707052057_halaman pengesahan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_Abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_BAB I_PGMI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_BAB IV_PGMI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Nur Faridatul Hasanah_20170701052057_Halaman pernyataan keaslian karya.pdf

Download (282kB)

Abstract

Kata Kunci: metode NHT, prestasi, belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di dalam kelas, terutama saat proses KBM berlangsung. Dari permasalahan ini pendidik diharapkan dapat memberikan rangsangan kepada peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik. Salah satu rangsangan yaitu dengan cara menggunakan metode NHT dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti membahas terkait implementasi metode Numbered Head Together (NHT). Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPA materi makhluk hidup kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang? (2) Apa saja faktor penghambat dan upaya apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat penerapan metode Numbered Head Together (NHT) kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang? (3) Adakah peningkatan prestasi belajar IPA materi makhluk hidup dalam penerapa metode Numbered Head Together (NHT) kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang? Hasil penelitian ini diharap mampu memberikan pemahaman kepada calon guru dan guru mengenai implementasi metode Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar IPA materi makhluk hidup. Serta memberikan pemahaman akan pentingnya suatu model pembelajaran untuk anak tingkat dasar. Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya berupa deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan peneliti diantaranya mereduksi data, mendisplay data (menyusun data), kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu bahwa guru sangat berperan dalam proses KBM terutama dalam menerapkan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap siswa kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang, yaitu dengan cara: (1) Sebagai pengajar atau pendidik yaitu guru mengoptimalkan proses KBM yang berlangsung di dalam kelas dengan beberapa model pembelajaran (2) Sebagai motivator, yaitu guru memberikan dorongan dan dukungan kepada siswa (3) Sebagai pembimbing, yaitu guru membimbing dan mengarahkan siswa (4) Sebagai Fasilitator, yaitu guru memberikan pelayanan yang terbaik terhadap siswa. Adapun faktor penghambat: (1) Membutuhkan waktu yang lama (2) Siswa merasa malu saat tampil didepan kelas (3) Cara berkomunikasi yang kurang baik, karena dalam kesehariannya berkomunikasi dengan temannya menggunakan bahasa madura. Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat tersebut guru memberikan motivasi terhadap siswa. Peningkatan yang terjadi dalam proses KBM terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) tersebut membuat siswa aktif di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 03:45
Last Modified: 03 May 2021 03:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1276

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item