Efektivitas Penggunaan Metode Memoria dalam Beretorika Siswi Kelas XI MA Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan

Hasanah, Nur Ainiyatul (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Memoria dalam Beretorika Siswi Kelas XI MA Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_COVER_TBIN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_DAFTAR ISI-TBIN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_BAB I_TBIN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_BAB IV_TBIN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_DAFTAR PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
NUR AINIYATUL H_20170701072079_PKT_TBIN.pdf

Download (206kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran, metode memoria, Retorika. Kebutuhan yang sangat penting bagi manusia adalah pendidikan, karena pendidikan merupakan tempat dan wadah bagi siswa atau manusia lainnya untuk menguasai berbagai macam hal, pendidikan sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, sehingga manusia juga butuh belajar untuk bisa mengetahui apa yang akan dilakukan dimasa depan. Dengan pembelajaran akan sangat membantu kita dalam memilih dan mengenal sesuatu. Karena pembelajaran merupakan suatu proses untuk memberikan bimbingan atau bantuan kepada peserta didik dalam proses belajar. Dalam belajar, seseorang perlu menguasi 4 keterampilan. Keterampilan menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Keterampilan berbicara sangat dibutuhkan oleh seorang orator. Berbicara sama halnya dengan beretorika. Maka dari itu, dibutuhkan metode memoria yang dapat membantu seseorang agar bisa beretorika dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga hal yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Yaitu: pertama, bagaimana perencanaan efektivitas penggunaan metode memoria dalam beretorika siswi M.A Al-falah Dempo Barat kelas XI. Kedua, bagaimana pelaksanaan efektivitas penggunaan metode memoria dalam beretorika siswi M.A Al-falah Dempo Barat kelas XI. Ketiga, bagaimana evaluasi efektivitas penggunaan metode memoria dalam beretorika siswi MA Al-Falah Dempo Barat kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari guru Bahasa Indonesia. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, tahap perencanaan/persiapan: menyiapkan alat dan menyusun kerangka yang akan dilakukan pada tahap pelaksanaan. Kedua, tahap pelaksanaan, pada tahap ini siswi dikelas XI sudah dikatakan bisa menerapkan metode memoria dalam beretorika dan juga lancar dalam melakukan wawancara. Pada tahap ketiga yakni evaluasi, siswi di kelas XI bisa menjawab dengan lancar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Sehingga Efektivitas Penggunaan Metode Memoria dalam Beretorika Siswi Kelas XI MA Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan sudah dibilang efektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 04:31
Last Modified: 03 May 2021 04:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1315

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item