Upaya Meningkatkan Emotional Spiriual Quotient Menggunakan Metode Muroja’ah Dalam Pembelajaran Tahifdzul Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Tahfidz Pamekasan

Syuhud, Ainus (2021) Upaya Meningkatkan Emotional Spiriual Quotient Menggunakan Metode Muroja’ah Dalam Pembelajaran Tahifdzul Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Tahfidz Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_Cover_PAI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_Halaman_Persetujuan_PAI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_BAB I_PAI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_BAB IV_PAI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Ainus Syuhud_20170701011018_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf

Download (36kB)

Abstract

Kata kunci: Meningkatkan ESQ, Metode Muraja’ah Manusia dikaruniai sebuah potensi kecerdasan untuk menjalani kehidupan, kecerdasan ini beragam antara lain, kecerdasan intelektual (Intellectual Quotient, IQ), kecerdasan emosi (Emotional Quotient, EQ) dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient, SQ). EQ dan SQ memiliki muatan yang sama pentingnya untuk dapat bersinergi satu sama lain. Sinergi dari keduanya membentuk ESQ (Emotional and Spiritual Quotient). Sebuah penggabungan kedua energi tersebut, tentu saja tidak jauh dari peran IQ yang merupakan kemampuan intelegensi yang memang ada dalam diri manusia dalam sinergitas keduanya. Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul “Upaya Meningkatkan Emotional Spiritual Quotient Menggunakan Metode Muroja’ah Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Tahfidz Pamekasan” dengan fokus penelitian yaitu, bagaimana penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidzul qur’an pada siswa kelas VII SMP Tahfidz Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dalam rangka meningkatkan ESQ, bagaimana bentuk peningkatan ESQ menggunakan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidzul qur’an pada siswa kelas VII SMP Tahfidz Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidzul qur’an pada siswa kelas VII SMP Tahfidz Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dalam rangka meningkatkan ESQ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian inkuiri naturalistik. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, peserta didik serta wali murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triagulasi sumber dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dengan hasil penelitian, siswa kelas VII SMP Tahfidz Pamekasan menerapkan metode muraja’ah pada pembelajaran tahfidzul qur’an saat mata pelajaran tersebut berlangsung yang diawasi oleh tiga guru dengan masing-masing guru ditugasi dengan bagian yang berbeda, mengenai penilaian peningkatan ESQ siswa, peneliti mengambil sampel beberapa siswa, melakukan wawancara dengan beberapa pihak terkait

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m69B ??
?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 04:56
Last Modified: 03 May 2021 04:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1329

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item