Farida, Thalia Septiyana (2020) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain dan Bernyanyi dalam Mata Pelajaran PKn Kelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Cover_PGMI.pdf Download (148kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Lembar_Persetujuan_PGMI.pdf Download (104kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (244kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Abstrak_PGMI.pdf Download (153kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_BAB_I_PGMI.pdf Download (109kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_BAB_II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_BAB_III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_BAB_IV_PGMI.pdf Download (377kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_BAB_V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Daftar_Rujukan_PGMI.pdf Download (160kB) |
|
Text
Thalia_Septiana_Farida_18201501050098_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PGMI.pdf Download (150kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Bermain dan Bernyanyi, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan Pedidikan merupakan tolak ukur suatu bangsa. Perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia kini masih terus menjadi isu menarik dan senantiasa menjadi diskursus antara pemerintah dan sebagian institusi yang paling otoritatif untuk pengambilan kebijakan dalam pendidikan dengan para guru yang lebih memahami dunia nyata di lapangan. Perbaikan kaulitas pendidikan bisa dimulai dari seorang guru, salah satu cara dengan metode pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Apakah metode bermain dan bernyanyi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn. Kedua, Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode bermain dan bernyanyi pada mata pelajaran PKn pada siswakelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran secara berkesinambungan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain dan bernyanyi dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Adapun hasil peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari observasi yang dilakukan oleh peneliti mulai dari pra tidakan, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pada siklus I pertemuan pertama pencapaian persentase sebesar 42,5% dapat dikatakan kurang sekali. Pada siklus I pertemuan kedua dicapai persentase sebesar 60% dapat dikatakan cukup. Pada siklus II pertemuan pertama dengan pencapaian persentase 72,5% dapat dikatakan cukup dan di pertemuan kedua dengan pencapaian persentase sebesar 87,5% dapat dikatakan baik sekali. Adapun efektivitas dari penerapan metode bermain dan bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran terlebih pada siswa kelas III SDN Larangan Badung 1.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 01:42 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1341 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |