Pembelajaran Remedial IPS: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Pamekasan

Akbar, Dhaviq (2021) Pembelajaran Remedial IPS: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Cover_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Abstrak_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_BAB I_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_BAB IV_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhaviq Akbar_20170701081017_Surat_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Remedial, Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam proses pembelajaran pasti terdapat siswa yang mangalami kesulitan dalam belajar hal itu menjadi tugas guru untuk membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar yang dialami. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan pembelajaran remedial. Pembelajaran remedial adalah pembelajaran yang bertujuan untuk perbaikan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar atau tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi pembelajaran remedial IPS dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII di MTsN 3 Pameksan; kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran remedial IPS terhadap siswa kelas VII di MTsN 3 Pamekasan; ketiga, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran remedial IPS di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembelajaran remedial IPS yang digunakan oleh guru adalah dengan cara pemberian soal-soal latihan yang diambil di BTP (Buku Teks Pelajaran) dan UKBM (Unit kegiatan Belajar Mandiri) dan memanfaatkan tutor sebaya untuk membantu kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran remedial IPS yaitu: faktor pendukung; adanya BTP dan UKBM yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran remedial dengan mengambil soal-soal yang terdapat didalamnya. Faktor penghambat; faktor penghambat adalah respon siswa yang tidak mementingkan adanya pembelajaran remedial padahal dapat memabantunya dalam mengatasi kesulitan belajar terutama bagi siswa kelas VII yang masih membutuhkan penyesuaian karena peralihan dari masa SD ke SMP/MTs. Ketiga, Respon siswa terhadap pembelajaran remedial IPS di MTsN 3 Pamekasan sangat bagus, siswa beranggapan bahwa pembelajaran remedial IPS membantu dalam mengatasi kesulitan belajar yang sedang mereka alami. Selain itu, pembelajaran remedial juga membantu siswa untuk semakin meningkatkan nilai belajarnya sehingga mencapai target KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 05:16
Last Modified: 03 May 2021 05:16
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1347

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item