Alfindari, Alfindari (2020) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MTs Ar-Rohman Plakpak Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1 SAMPUL - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (174kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (236kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (337kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - ALFINDARI 20160701040029.docx Download (17kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (151kB) |
|
Text
7 BAB I - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (316kB) |
|
Text
8 BAB II - ALFINDARI 20160701040029.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
9 BAB III - ALFINDARI 20160701040029.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
10 BAB IV - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (549kB) |
|
Text
11 BAB V - ALFINDARI 20160701040029.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (270kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - ALFINDARI 20160701040029.pdf Download (279kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - ALFINDARI 20160701040029.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kepala sekolah memiliki posisi tertinggi dan bertanggung jawab dalam mengembangkan semua program yang ada di lembaga pendidikan. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki strategi untuk dapat mengembangkan segala program maupun kegiatan yang ada, salah satunya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang ada di lembaga. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan merupakan kegiatan non akademik yang berada di luar kegiatan yang tertulis dalam kurikulum, seperti kegiatan pelatihan dan pembinaan akhlak peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok masalah dalam penelitian, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Ar-Rohmah Plakpak Pegantenan Pamekasan, kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Ar-Rohmah Plakpak Pegantenan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi dengan jenis observasi non partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi dengan jenis triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: pertama, strategi yang dilakukan kepala sekolah menggunakan strategi komonikasi, yaitu adanya interaksi dengan pihak masyarakat untuk mengetui kebutuhan masyarakat, yang nantinya dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, seperti ekstrakurikuler Ubudiyah yang dilaksanakan setiap hari Jumat dan Rabu dengan melakukan bimbingan dan pelatihan sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan apa yang telah diperoleh dalam kegiatan ekstrakurikuler Ubudiyah. Yang mana kegiatan tersebut didukung oleh semua pihak baik internal maupun eksternal. Kedua, untuk faktor pendukung yakni dengan adanya fasilitas dan dukungan atau kerjasama dengan masyarakat, sedangkan untuk faktor penghambat dari siswa itu sendiri kurang memperhatikan guru pada saat melakukan bimbingan dan latihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 05:48 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 01:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/137 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |