Faiqoh, Faiqoh (2021) Upaya Guru dalam Mengembangkan Integrasi Sosial Melalui Pembelajaran IPS di MTSN 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) FAIQOH_20170701082023_Cover_TIPS.pdf Download (198kB) |
|
Text
c) FAIQOH_20170701082023_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (103kB) |
|
Text
d) FAIQOH_20170701082023_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf Download (239kB) |
|
Text
e) FAIQOH_20170701082023_Abstrak_TIPS.pdf Download (7kB) |
|
Text
f) FAIQOH_20170701082023_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (189kB) |
|
Text
g) FAIQOH_20170701082023_BAB I_TIPS.pdf Download (325kB) |
|
Text
h) FAIQOH_20170701082023_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
i) FAIQOH_20170701082023_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
j) FAIQOH_20170701082023_BAB IV_TIPS.pdf Download (494kB) |
|
Text
k) FAIQOH_20170701082023_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
l) FAIQOH_20170701082023_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (193kB) |
|
Text
b) FAIQOH_20170701082023_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (182kB) |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Integrasi Sosial, Pembelajaran IPS Manusia dalam kehidupan sehari-harinya selalu membutuhkan orang lain, oleh karena itu manusia disebut dengan makhluk sosial. Dalam kehidupan sosial, tidak semua interaksi akan berjalan dengan baik, apalagi manusia yang hidup dalam kelompok wilayah tertentu dengan perbedaan-perbedaan yang sangat jelas antar sesamanya. Hal ini sebagaimana yang terjadi di MTSN 4 Pamekasan, disamping menjelaskan kepada materi kepada peserta didik, peserta didik juga dibimbing untuk bagaimana berinteraksi yang baik bukan sekedar melalui pendidikan agama, akan tetapi didukung juga melalui pembelajaran IPS. Masalah yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Upaya guru dalam mengembangkan Integrasi sosial melalui pembelajaran IPS di MTSN 4 Pamekasan? 2) Apa saja kendala atau hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan integrasi sosail melalui pembelajaran IPS di MTSN 4 Pamekasan? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan integrasi sosial bagi peserta didik di MTSN 4 Pamekasan, 2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan integrasi sosial bagi peserta didik di MTSN 4 Pamekasan. Dalam Penelitian ini, lokasi yang diambil adalah MTSN 4 Pamekasan. Pendekatan penelitian ini, menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala Sekolah, Guru mata pelajaran IPS, guru mata pelajaran lain, dan siswa MTSN 4 Pamekasan. Analisis datanya menggunakan pengecekan, pengelompokan, pengkodean, display data dan verifikasi. Adapun untuk memperkuat hasil penelitian dilakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru untuk mengembangkn integrasi sosial di MTSN 4 Pamekasan yaitu melalui perlakuan guru dan materi pembelajaran. Perlakuan guru yang dimaksud meliputi, diskusi bersama, pembinaan kesadaran, pelaksanaan asas keadilan sosial. kendala-kendala yang dihadapi yaitu, fanatisme yang berlebihan dan sifat egoisme siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 05 May 2021 02:58 |
Last Modified: | 05 May 2021 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1393 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |