Nisak, Niswatun (2021) Keterlibatan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Program Sekolah Di SMK Darussalam Torjun Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_COVER_MPI (1).pdf Download (153kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_ABSTRAK_MPI (1).pdf Download (87kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_DAFTAR_ISI_MPI.pdf Download (92kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_BAB_I_MPI.pdf Download (261kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_BAB_II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_BAB_III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_BAB_IV_MPI.pdf Download (543kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_BAB_V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_DAFTAR_PUSTAKA_MPI.pdf Download (163kB) |
|
Text
NISWATUN_NISAK_20170701042133_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_MPI.pdf Download (208kB) |
Abstract
Kata Kunci : Keterlibatan Masyarakat, Program Sekolah Keterlibatan masyarakat adalah keikutsertaan Masyarakat dalam proses mengidentifikasi masalah dan potensi yang ada dalam diri masyarakat, pemilihan dan pengambilan keputusan tentang alternatif solusi dan mengatasi masalah, pelaksanaan dalam mengatasi sebuah masalah dan keterlibatan masyarakat dalam evaluasi perubahan yang tejadi. Sedangkan, Program sekolah adalah seperangka rencana kegiatan sekolah yang diarahkan untuk membawa perubahan yang ditentukan yang diidentifikasi melalui audien yang teridentifikasi.Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama,Bagaimana bentuk- bentuk keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas program Sekolah di SMK Darussalam Torjun Sampang. Kedua,Apa saja faktor pendukung keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas program Sekolah di SMK Darussalam Torjun Sampang. Ketiga, Apa saja faktor penghambat dan solusi dari pelaksanaan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas program sekolah di SMK Darussalam Torjun Sampang. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala madrasah, waka humas. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti, triangulasi dengan ketekunan peneliti/pengamat.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk-bentuk keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas program sekolah di SMK Darussalam Torjun Sampang meliputi keterlibatan finansial serta Non Finansial yang diberikan wali murid melalui rutinitas kegiatan sekolah, kontribusi alumni terhadap sekolah baik tindakan yang dilakukan di dalam sekolah maupun tindakan di luar sekolah. Kedua, faktor pendukung keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas program sekolah di SMK Darussalam Torjun Sampang yaitu dari pengaruh yayasan terhadap masyarakat pada sekolah, kerjasama yang diberikan dewan guru serta masyarakat yang terlibat baik masyarakat sekitar sekolah, Alumni atau pun wali murid pada program- program sekolah, keuangan lembaga yang mendukung program sekolah serta peran kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan. Ketiga, faktor penghambat dan solusi dari pelaksanaan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas program sekolah di SMK Darussalam Torjun Sampang yaitu Ketidak selarasan masyarakat dengan sekolah yang menimbulkan kontroversi dalam dukungan pada pihak sekolah.cara mengatasi hambatan yaitu peran komite, kerjasama guru serta pengaruh yayasan yang dibutuhkan oleh pihak sekolah untuk menyelesaikan segala problematika yang dihadapi oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 11 May 2021 02:53 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 04:13 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1415 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |