Kinerja Guru dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan

Aisyah, Nur (2020) Kinerja Guru dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1 SAMPUL - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (52kB)
[img] Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - NUR AISYAH 20160701040165.docx

Download (16kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (125kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (22kB)
[img] Text
7 BAB I - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (391kB)
[img] Text
8 BAB II - NUR AISYAH 20160701040165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
9 BAB III - NUR AISYAH 20160701040165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
10 BAB IV - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (775kB)
[img] Text
11 BAB V - NUR AISYAH 20160701040165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (19kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - NUR AISYAH 20160701040165.pdf

Download (207kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - NUR AISYAH 20160701040165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah kunci utama dalam proses pendidikan, dengan itu guru memiliki peran dan tanggung jawab penting dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran guru harus memiliki kemampuan dalam mengelola kelas. Tanpa adanya pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru maka, pembelajaran tidak akan berjalan secara maksimal. Maka, guru harus memiliki kinerja yang baik dalam melakukan pengelolaan kelas, supaya tujuan pendidikan atau pembelajaran tercapai. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana indikator kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan. Ketiga, bagaimana implikasi kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, indikator kinerja guru dalam mengelola kelas, yaitu: kemampuan dan keterampilan guru dalam mengkondisikan kelas, kemampuan dan keterampilan guru dalam mengkondisikan siswa, hasil belajar siswa di dalam kelas, kemampuan dan keterampilan guru dalam melakukan pendekatan sosio-emosional pada kegiatan belajar mengajar. Dari indikator-indikator tersebut kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 dikategorikan baik, namun masih ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Kedua, faktor pendukung dan penghambat kinerja guru dalam mengalola kelas, yaitu: faktor pendukung, a. kemampuan dan pengetahuan guru ataupun siswa, b. sarana dan prasarana kelas yang memadai, c. lingkungan kelas, di dalam dan luar kelas. Sedangkan faktor penghambatnya, a. kedisiplinan guru dan siswa yang kurang, b. kenakalan siswa, c. kesulitan guru dalam mengontrol emosi yang disebabkan kenakalan siswa. Ketiga, implikasi kinerja guru dalam mengelola kelas, yaitu: kondisi kelas yang yang nyaman dan menyenangkan, semangat belajar dan motivasi siswa meningkat, penyampaian materi yang disampaikan oleh guru tersampaikan dengan baik, pemahaman materi oleh siswa lebih baik, meningkatnya prestasi siswa mulai dari segi kognitif (pengetahuan), afektif (sikap dan perilaku), dan psikomotorik (keterampilan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:51
Last Modified: 28 Dec 2022 01:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/142

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item