Literasi Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Tafsir al-Azhar Atas Surat Al-‘Alaq: 1-5)

Mansur, Mansur (2021) Literasi Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Tafsir al-Azhar Atas Surat Al-‘Alaq: 1-5). Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
a. Mansur-20170721029-COVER-PAI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
b. Mansur-20170721029-KEASLIAN KARYA TULISAN-PAI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
c. Mansur - 20170721029 - Persetujuan Pembimbing-PAI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
d. Mansur-20170721029-LEMBAR PENGESAHAN-PAI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
e. Mansur-20170721029-ABSTRAK-PAI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
f. Mansur-20170721029-DAFTAR ISI-PAI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
g. Mansur-20170721029-BAB I -PAI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
h. Mansur-20170721029-BAB II-PAI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
i. Mansur-20170721029-BAB III-PAI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
j. Mansur-20170721029-BAB IV-PAI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
k. Mansur-20170721029-BAB V-PAI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
l. Mansur-20170721029-DAFTAR PUSTAKA-PAI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
m. Artikel - Konsep Literasi dalam Al-Quran-dikonversi.pdf

Download (405kB)

Abstract

ABSTRAK Mansur, 2021, Literasi Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Tafsir al-Azhar Atas Surat Al-‘Alaq: 1-5), Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, PembimbingDr. H. Zainuddin Syarif, M.AgdanDr. H. Moh. Zahid, M.Ag Kata Kunci: konsep literasi ; tafsir ; produktifitas Penelitian ini mengkaji tentang konsep literasi berbasis Al-Quran sebagaimana wahyu yang turun pertama kali yakni Surat Al-‘Alaq: 1-5 yang membawa spirit literasi. Namun demikian dibutuhkan upaya kontekstualisasi terhadap ayat tersebut untuk menggali konsep literasi secara ekstensif melalui pandangan-pandangan mufassir, yang mana dalam hal ini menggunakan penafsiran M. Quraish Shihab dan Hamka. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian telaah pustaka. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep literasi dalam Al-Quran dapat dijabarkan dalam berbagai aspek mulai dari interpretasi makna iqra’ dan al-qalam, tujuan literasi, objek literasi, dan adab dalam berliterasi sesuai nilai-nilai Qurani. Hakikatnya, baik penafsiran Shihab dan Hamka terkait Surat Al-‘Alaq: 1-5 bukan berarti sebuah kontradiksi negatif, sekalipun Shihab lebih condong terhadap pemaknaan burhani (olah pikir) dan Hamka lebih menitikberatkan pada irfani (olah hati), akan tetapi kedua arah penafsiran tersebut sama-sama memberikan kontribusi positif terhadap kegiatan literasi. Wujud kontekstualisasi tersebut yakni bahwa di dalam berliterasi harus memperhatikan tiga aspek, yakni akal, hati, dan produktifitas. Semua hal itu pada hakikatnya untuk menciptakan keseimbangan dan kesinambungan antara akal, hati, dan perbuatan (berfikir saintifik, berjiwa sufistik, dan memiliki produktifitas). ABSTRACT Mansur, 2021, Literasi Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Tafsir al-Azhar Atas Surat Al-‘Alaq: 1-5), Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, PembimbingDr. H. Zainuddin Syarif, M.AgdanDr. H. Moh. Zahid, M.Ag Keywords: konsep literasi ; tafsir ; produktifitas This research examines the concept of literacy based on Al-Quran as the first revelation, namely Surah Al-'Alaq: 1-5 which discuss the spirit of literacy. However, it takes an effort to contextualize the verse to explore the concept of literacy extensively through the perspective of Mufassir, which in this case use the interpretations of M. Quraish Shihab and Hamka. The researcher employeddescriptive-qualitative method with the type of literature review research. The results shows that the concept of literacy in the Al-Quran can be described in various aspects ranging from the interpretation of the meaning of Iqra'and Al-qalam, the purpose of literacy, the object of literacy, and Adab in literacy according to the values of the Quran. In essence, both the interpretation of Shihab and Hamka related to Surah Al-'Alaq: 1-5 does not mean a negative contradiction, even though Shihab is more inclined towards the meaning of burhani (thinking) and Hamka focuses more on irfani (intuition), but both interpretations make a positive contribution to literacy activities. The form of contextualization is that, in literacy, must pay attention to three aspects, those are mind, heart, and productivity. All these things are essential to create a balance and continuity between mind, heart, and actions (think scientifically, have sufistic spirit, and have productivity). Keywords: literacy concept; tafsir; productivity

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:49
Last Modified: 14 Jun 2021 03:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1428

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item