Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas X SMAN 5 Pamekasan

Nurcahya, Mega Sukma (2020) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas X SMAN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_Cover_TBIN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
c) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
d) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
e) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_Abstrak_TBIN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
g) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_BAB I_TBIN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
h) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
i) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
j) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_BAB IV_TBIN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
k) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
l) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
b) Mega Sukma Nurcahya_20160701070073_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_TBIN.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, karena dalam keterampilan berbahasa terdapat masalah yang mendasar yakni rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Rendahnya keterampilan berbicara ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan masih konvesional, lazimnya menggunakan metode ceramah. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara dilakukan perubahan metode, yaitu menggunakan metode diskusi. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara melalui metode diskusi, kelas X SMAN 5 Pamekasan, (2) seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan metode diskusi, kelas X SMAN 5 Pamekasan, dan (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode diskusi, kelas X SMAN 5 Pamekasan. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mengetahui upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara melalui metode diskusi, (2) mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara setelah menggunakan metode diskusi, dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penilaian (1) metode diskusi, jenis Brain Storming Group terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik, (2) hasil penilaian pada observasi awal, dari 27 siswa, siswa yang tuntas sebanyak 3 orang, dan yang belum tuntas 24 orang, presentase ketuntasan klasikal 11,11%. Hasil yang diperoleh pada siklus I; dari 27 siswa, yang tuntas sebanyak 12 orang, dan yang belum tuntas 15 orang, ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 44,44%. Dan hasil penilaian pada siklus II; dari 27 siswa yang tuntas sebanyak 25 orang, dan yang tidak tuntas 2 orang, perolehan ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 92,60%. Dengan peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan, dan (3) faktor pendukung dan penghambat keterampilan berbicara yaitu sebagai berikut: faktor pendukung adalah kenyaringan suara, kelancaran, ketepatan ucapan, dan penguasaan topik. Sedangkan faktor penghambatnya yang pertama, demam panggung. Hal ini timbul karena adanya rasa takut yang mendalam sehingga menyimpan rasa grogi, dan tidak percaya diri. Kedua, kurangnya kesiapan dalam dalam mengajukan ide atau gagasan (kurangnya pengetahuan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Lulu Rif Atin
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:54
Last Modified: 14 Aug 2020 05:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/147

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item