Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Pamekasan

WIRANTO, BAMBANG (2021) Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Bambang Wiranto-20170701041035-Sampul-MPI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
c. Bambang Wiranto-20170701041035-Halaman Persetujuan-MPI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
d. Bambang Wiranto-20170701041035-Halaman Pengesahan-MPI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
e. Bambang Wiranto-20170701041035-Abstrak-MPI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
f. Bambang Wiranto-20170701041035-Daftar Isi-MPI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
g. Bambang Wiranto-20170701041035-BAB I-MPI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
h. Bambang Wiranto-20170701041035-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
i. Bambang Wiranto-20170701041035-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
j. Bambang Wiranto-20170701041035-BAB IV-MPI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
k. Bambang Wiranto-20170701041035-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
l. Bambang Wiranto-20170701041035-Daftar Pustaka-MPI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
b. Bambang Wiranto-20170701041035-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf

Download (14kB)

Abstract

Kata Kunci: gaya kepemimpinan guru, motivasi belajar Gaya kepemimpinan guru adalah sikap atau penampilan yang dipilih seseorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin atau guru. Gaya kepemimpinan yang digunakan seorang pemimpin yang satu dengan yang lainya tidak sama yaitu tergantung pada situasi dan kondisi kepemimpinanya. Motivasi merupakan kekuatan yang bertindak pada organisme yang dapat mendorong dan menggerakkan perilakunya. Konsep motivasi biasanya digunakan untuk menjelaskan perbedaan-perbedaan dalam intensitas perilaku. Dengan adanya motivasi inilah, manusia dapat mendorong orang lain untuk melakukan suatu kegiatan tertentu. Berdasarkan paparan tersebut ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana kepemimpinan yang di terapkan oleh guru di SMKN 1 Pamekasan. Kedua, apakah kepemimpinan yang di terapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1 Pamekasan. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara, observasi dan dikumentasidengan informan Guru dan siswa di SMKN 1 Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsaha data diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, triangulasi teori. Hasil peneliti yang telah dilakukan menunjukan bahwa: pertama, Gaya kepemimpinan guru yang di terapkan dalam proses belajar mengajar di SMKN 1 Pamekasan yaitu menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Gaya kepemimpinan ini memberikan kesetaraan dalam berpendapat sehingga guru dan peserta didik dapat memiliki hak yang sama untuk ikut berpartisipasi dalam proses belajar mengajar di kelas. Kedua, Dalam kegiatan proses pembelajaran, faktor eksternal yang mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik di kelas adalah kinerja guru. Cara guru dalam memotivasi peserta didik dalam belajar ialah dengan memberikan angka, angka dalam hal ini sebagai simbol penilaian dari kegiatan belajar peserta didik di kelas. Siswa belajar dengan tujuan utama untuk mencapai nilai sebaik mungkin. Angka yang baik itu bagi para peserta didik merupakan motivasi yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:01
Last Modified: 10 Jul 2023 07:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1531

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item