Ratnawati, Dewi (2021) Penerapan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Realitas untuk Mengatasi Siswa Underachiever Kelas VIII D di MTs Al-Ula 1 Sumber Batu Blumbungan,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (226kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (329kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (304kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (539kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (633kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (202kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (212kB) |
Abstract
Kata Kunci: Konseling Individu, Pendekatan Realitas, Siswa Underachiever Kejadian dilapangan khususnya pada siswa underachiever perlu untuk mendapatkan penanganan khusus. Akan tetapi pada realitanya ada beberapa siswa yang memiliki masalah underachiever. Guru BK disekolah tersebut belum mempunyai metode yang khusus untuk mengatasi siswa underachiever. Salah satu permasalahan underachiever terdapat di kelas VIII D di MTs Al-Ula 1 Sumber Batu Blumbungan. Dalam hal ini diperlukan adanya layanan bimbingan dan konseling dari peneliti di bantu oleh guru BK. Layanan ini berupa layanan konseling individu dengan pendekatan realitas. Dengan pendekatan ini siswa dapat bertanggung jawab atas kehidupannya serta di fokuskan pada perilaku saat ini. Berdasarkan hal tersebut, maka dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yakni: Pertama Bagaimana gambaran siswa underachiever di MTs Al-Ula 1 Sumber Batu Blumbungan. Kedua Bagaimana penerapan layanan konseling individu dengan pendekatan realitas dalam mengatasi siswa underachiever di MTs Al-Ula 1 Sumber Batu Blumbungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis secara deskriptif, baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif berupa catatan observasi kegiatan konseling individu dengan pendekatan realitas, sedangkan data yang dianalisis secara kuantitatif adalah tentang siswa underachiever yang dinyatakan denga skor (nilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, permasalahan beberapa siswa underachiever kelas VIII D tergolong tinggi dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu malas belajar, kurangnya motivasi dari orang terdekat, dan metode pembelajaran guru kurang tepat untuk siswa sehingga membuat siswa tidak memahami pembelajaran yang disampaikan. Kedua penerapan layanan konseling individu dengan pendekatan realitas dapat mengatasi siswa underachiever dengan hasil ke-empat siswa yang di konseling menunjukkan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya hal ini terbukti dengan skor angket yang semakin menurun dan lembar observasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71B ?? ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1603 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |