Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan

RAMADANI, AFIK KHAZIN (2021) Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_COVER_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
c)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_TIPS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
d)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_LEMBAR PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (775kB)
[img] Text
e)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
f)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
g)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_BAB I_TIPS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
h)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
i)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
j)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_BAB IV_TIPS.pdf

Download (45MB)
[img] Text
k)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
b)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_KARYA_TIPS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
l)Afik Khazin Ramadani_20160701080007_DAFTAR RUJUKAN_TIPS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru IPS, Menanamkan Sikap Moderasi Siswa, Mata Pelajaran IPS Tugas guru terhadap muridnya adalah mendidik ke arah yang lebih baik terutama dalam membentuk akhlak siswa di sekolah maupun di luar sekolah, karena hal ini merupakan kewajiban bagi guru (pendidik) seperti yang dilakukan oleh guru di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan yang selalu membimbing, mengarahkan, mendidik dan berupaya meningkatkan akhlak siswa agar terhindar dari pergaulan bebas yang bisa merusak akhlak siswa. Berdasarkan hal tersebut ada empat pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: Pertama, strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Kedua, dampak strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Ketiga, kendala guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Keempat, solusi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. yang menjadi informan yaitu guru IPS, kepala sekolah, dan Murid. Sedangkan data yang dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Hasani Rek Kerrek Palengaan Pamekasan yaitu dengan penerapan model pembelajaran CTL dan Unggul dalam IMTAQ. Sedangkan dampak strategi guru dalam menanamkan sikap moderasi yaitu siswa tidak tercemar dari pemikiran liberalisme serta siswa memiliki sikap toleransi dan pembiasaan dalam dirinya baik di sekolah maupun di masyarakat. Kendala guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa yaitu Pertama, sikap dan perilaku siswa yang berbeda. Kedua, faktor lingkungan siswa. dan Ketiga, kemajuan teknologi informasi. Solusi untuk guru dalam menanamkan sikap moderasi siswa yaitu Pertama, penggunaan metode nasehat. Kedua, penerapan metode keteladanan. Ketiga, pengaruh orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:43
Last Modified: 19 Jul 2024 02:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1670

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item