Model Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Pamekasan

Mr, Andi (2021) Model Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Andi _ 20170701081013 _ Cover TIPS.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. Andi _ 20170701081013_ Lembar Persetujuan Pembimbing_ TIPS.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. Andi _ 20170701081013 _ Lembar Pengesahan _ TIPS.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. Andi _ 20170701081013 _ Abstrak _ TIPS.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. Andi _ 20170701081013 _ Daftar Isi _ TIPS.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. Andi _ 20170701081013 _ BAB I _ TIPS.pdf

Download (248kB)
[img] Text
8. Andi _ 20170701081013 _ BAB II _ TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
9. Andi _ 20170701081013 _ BAB III _ TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
10. Andi _ 20170701081013 _ BAB IV _ TIPS.pdf

Download (261kB)
[img] Text
11. Andi _ 20170701081013 _ BAB V _ TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
12. Andi _ 20170701081013 _ Daftar Rujukan_ TIPS.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2. Andi_ 20170701081013 _ Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Publikasi _ TIPS.pdf

Download (352kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Ilmu Pengetahuan Sosial, Covid-19 Dalam mencegah terjadinya penyebaran covid-19 di Indonesia, Kemendikbud, Nadim Makarim mengharuskan untuk merubah sistem pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka di sekolah kini pembelajaran dilakukan secara daring (online). Selain itu, pembelajaran daring tentunya menjadikan pengalaman baru bagi guru dan peserta didik dalam sistem dan proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS ditengah pandemic Covid-19 di SMPN 2 Pamekasan; kedua, apa saja kendala penerapan model pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS ditengah pandemic Covid-19 di SMPN 2 Pamekasan; ketiga, bagaimana cara mengatasi kendala penerapan model pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS ditengah pandemic Covid-19 di SMPN 2 Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru pengajar IPS dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber data, perpanjang keikut sertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pembelajaran daring tetap dilakukan di SMPN 2 Pamekasan dengan menggunakan beberapa aplikasi dalam pelaksanaannya seperti WhatsApp Group, Google Sites dan Google Form. Selain itu, sebelum melakukan pembelajaran daring, guru IPS di SMPN 2 Pamekasan melakukan berbagai persiapan yang di antaranya menyusun RPP (Rencana pelaksanaan Pembelajaran), bahan ajar seperti buku paket, buku LKS dan internet. Kedua, pembelajaran daring di SMPN 2 Pamekasan memiliki berbagai kendala. Kendala pembelajaran daring tersebut berupa sebagian peserta didik ada yang tidak memiliki paket kouta internet dalam mengikuti pembelajaran daring, sinyal yang tidak stabil (lemot) dan sebagian peserta didik ada yang tidak memiliki handphone sendiri sehingga perlu meminjam kepada orangtuanya. Ketiga, dalam mengatasi kendala pembelajaran daring, pihak sekolah dan guru memiliki cara untuk mengatasinyaPihak sekolah memberikan bantuan berupa paket kouta internet yang dikhususkan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sedangkan guru IPS memberikan keringanan kepada peserta didik yang mengalami sinyal yang tidak stabil (lemot) dengan cara menyuruh untuk membuka akses atau link pembelajaran ketika jaringan sudah normal atau stabil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:43
Last Modified: 19 Jul 2024 02:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1671

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item