Mr, Fathorrozi (2021) Upaya Guru IPS dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
FATHORROZI_20170701081025_Cover_TIPS.pdf Download (51kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (105kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_Lembar_pengesahan_TIPS.pdf Download (149kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_Abstrak_TIPS.pdf Download (10kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (161kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_BAB I_TIPS.pdf Download (196kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_BAB IV_TIPS.pdf Download (183kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (364kB) |
|
Text
FATHORROZI_20170701081025_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf Download (137kB) |
Abstract
Kata Kunci: Guru IPS, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya pandemi yang sedang melanda dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran, dimana ada dua istilah yang digunakan dalam pembelajaran yaitu daring dan luring. Daring merupakan singkatan dari dalam jaringan artinya semua pembelajaran dialihkan ke dalam jaringan internet, sedangkan luring merupakan akronim dari luar jaringan internet atau menggunakan pembelajaran tatap muka langsung ke sekolah. Adapun fokus dari penilitian ini: Pertama, bagaimana upaya guru IPS dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Kedua, bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi guru IPS dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP negeri 1 Galis Pamekasan. Tiga, apa dampak implementasi pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan yang terakhir dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekolah dan juga guru IPS itu sendiri. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru IPS dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan dilakukan dengan beberapa cara: (a) media pembelajaran (b) metode pembelajaran (c) strategi pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring yaitu aplikasi whatsapp, sedangkan dalam pembelajaran luring seperti proyektor, papan tulis dan spidol. Metode pembelajaran dalam pembelajaran daring yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan sedangkan dalam pembelajaran luring hampir sama dengan pembelajaran daring yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Strategi pembelajaran dalam pembelajaran daring yaitu active learning, sedangkan dalam pembelajaran luring yaitu saintifik dan inquiry learning. Kedua, kendala dan solusi yang dihadapi guru IPS dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan dari jaringan internet dan siswa yang sulit diatur untuk masuk sesuai jadwal yang ditentukan dan solusi atas kendalanya yaitu dengan adanya kerja sama semua pihak diantaranya guru, siswa dan orang tua dalam melaksanakan sistem pembelajaran tersebut. Ketiga, dampak implementasi pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan yaitu kurang motivasi belajar dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 07:42 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:38 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1672 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |