Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Tahun Ajaran 2020-2021

Lafifah, Sutratul (2021) Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Tahun Ajaran 2020-2021. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_cover_TIPS.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_Lembar persetujuan pembimbing_TIPS.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Sutratul lafifah_20170701082070_halaman pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_Abstrak_TIPS.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_Daftar isi_TIPS.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_BAB 1_TIPS.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_BAB IV_TIPS.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
Sutratul Lafifah_20170701082070-Daftar pustaka_TIPS.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Sutratul lafifah_20170701082070_surat pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode, Sosiodrama, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Metode sosiodrama adalah suatu metode mengajar yang digunakan untuk menggambarkan, memerankan, memperagakan, mendramatisasikan, mempertunjukkan tingkah laku, gerak-gerik anggota tubuh maupun wajah, tentang masalah-masalah hubungan sosial antar manusia sehingga mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Dari pembahasan diatas, dapat dirumuskan suatu permasalahan-permasalahan yang penulis fokuskan yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Ellak Daya - Lenteng, kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Ellak Daya- Lenteng, ketiga, Apa saja Dampak dari Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Ellak Daya- Lenteng Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Sedangkan jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur. Lokasi penelitian yang digunakan adalah di Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi Metode Sosiodrama di kelas IX pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Ellak Daya – Lenteng adalah: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, Guru menjadikan dirinya sebagai model dalam pembelajaran, Guru memberikan kebebasan siswa dalam bertanya. kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Sosiodramadalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum Ellak Daya - Lenteng, bahwasannya ada tiga faktor pendukung dalam penerapannya yaitu: Kemampuan dan kesiapan guru dalam kegiatan belajar mengajar,Motivasi dan minat belajar,Sarana dan prasarana penunjang dalam Metode Sosiodrama. Ketiga, Apa saja Dampak dari Implementasi Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Bustanul Ulum, yaitu: a. Bagi Guru kemampuan dan kesiapan guru dalam menerapkan Metode Sosiodrama.Guru sabagai penyalur pengetahuan pembelajaran yang harus menjadi fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi bagi siswa sangat berdampak positif dimana dapat memberikan suasana proses belajar mengajar yang lebih interaktif tidak monoton, memberikan keleluasan berfikir pada siswa, serta siswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:36
Last Modified: 19 Jul 2024 02:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1673

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item