Implementasi Strategi Pembelajaran Ekpositori Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan Pademawu Pamekasan

Wahyudi, Moh. Ali (2021) Implementasi Strategi Pembelajaran Ekpositori Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Cover_TIPS.pdf

Download (123kB)
[img] Text
c) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Lembar_persetujuan_pembimbing_TIPS.pdf

Download (117kB)
[img] Text
d) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (130kB)
[img] Text
e) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Abstrak_TIPS-dikonversi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
f) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (217kB)
[img] Text
g) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_BAB I_TIPS.pdf

Download (232kB)
[img] Text
h) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
i) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
j) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_BAB IV_TIPS.pdf

Download (242kB)
[img] Text
k) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
l) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (238kB)
[img] Text
b) Moh Ali Wahyudi_20160701080062_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_TIPS.pdf

Download (134kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi pembelajaran ekpositori, motivasi belajar Strategi pembelajaran adalah salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran guna mendukung tercapainya suatu tujuan pembelajaran, selain itu strategi pembelajaran yang diterapkan seorang guru juga diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang tentunya menjadi faktor pendorong bagi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran secara secara maksimal. Guru diharuskan bisa memilih strategi pembelajaran yang efektif serta tepat dalam penerapannya pada mata pelajaran yang diampu sehingga strategi pembelajaran bisa berjalan sesuai prinsip-prinsip yang ada pada strategi pembelajaran itu sendiri. Salah satunya yaitu penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS. Berdasarakan hal diatas, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan. Kedua, Bagaimana tingkat motivasi belajar peserta didik saat penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan. Ketiga, Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Sumedangan Pademawu Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan jenis teknik triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam penerapan strategi pembelajaran ekpositori pada mata pelajaran IPS di SMP Syekh Abdurrahman terlihat masih kurang maksimal sehingga ada beberapa peserta didik yang merasa bosan terhadap materi yang disampaikan guru pada saat proses pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan kurang maksimalnya guru dalam memahami prinsipprinsip yang harus dilakukan dalam penerapan strategi pembelajaran ini salah satunya pada prinsip komunikasi. Guru harus bisa mengatur cara berkomunikasi agar lebih baik dan menarik sehingga peserta didik tidak merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Kedua, penerapan strategi pembelajaran sangat berpengaruh pada tingkat motivasi belajar siswa. jadi, penerapan strategi pembelajaran yang kurang maksimal juga berdampak pada kurangnya tingkat motivasi belajar siswa. ketiga, salah satu kendala yang ditemukan peneliti dikelas yaitu adanya beberapa siswa yang mengantuk pada saat jam pelajaran di kelas. Hal ini bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu dari siswa itu sendiri karena jam istirahat yang kurang atau juga bisa disebabkan karena rasa bosan terhadap materi yang guru sampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:36
Last Modified: 06 Oct 2021 07:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1674

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item