Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII D SMPN 1 Pamekasan

Mr, Misdin (2021) Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII D SMPN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MISDIN _20160701080060_Cover_TIPS.pdf

Download (79kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_Halaman Persetujuan_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_Abstrak_TIPS.pdf

Download (30kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_Daftar Isi_TIPS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_BAB I_TIPS.pdf

Download (215kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
MISDIN _20160701080060_BAB IV_TIPS.pdf

Download (169kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
MISDIN_20160701080060_Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (140kB)
[img] Text
MISDIN_2016070108060_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan karakter, sikap sosial, Pembelajaran IPS Implementasi pendidikan karakter merupakan ihwal karakter, atau pendidikan yang mengajarkan hakikat karakter dalam ketiga ranah cipta, rasa, dan karsa. Pendidikan karakter berpijak pada karakter dasar manusia yang bersumber dari nilai norma universal sebagai pengejawantahan nilai agama yang bisa disebut the golden rule. Adapun permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama yaitu Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII D SMPN 1 Pamekasan ?, yang kedua Bagaimana faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII D SMPN 1 Pamekasan ? ketiga ada dampak implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII D SMPN 1 Pamekasan ?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana pendekatan ini lebih menekankan terhadap analisis proses berpikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang sedang diamati. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif yaitu peneliti berusaha menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan, pertama, implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII D SMPN 1 Pamekasan yaitu dengan melakukan interaksi melalui bahasa yang baik, dan dapat berbicara dengan sopan. Kedua, adapun faktor pendorong seperti adanya peraturan dan tata tertib sekolah adanya dukungan antara orang tua dan guru. Adapun faktor penghambatnya seperti, minimnya peran orang tua, adanya teknologi, pergaulan di luar sekolah. Ketiga, dampak implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik yaitu akan meningkatkan kepercayaan terhadap siswa, dapat bertanggung jawab, berinteraksi dengan baik dan dapat berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:35
Last Modified: 19 Jul 2024 02:34
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1676

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item