Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start With A QuestionDalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX Di MtsAl-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan

Kurniawan, Mohammad Lutfi (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start With A QuestionDalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX Di MtsAl-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Cover_PAI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
c) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
d) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
e) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Abstrak_PAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
f)Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
g) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_BAB I_PAI.pdf

Download (598kB)
[img] Text
h) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
i) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
j) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_BAB IV_PAI.pdf

Download (530kB)
[img] Text
k) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
l) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
b) Muhammad Lutfi Kurniawan_20170701011092_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran Learning Pelaksanaan metode pembelajaran learning start with a questiondalam mata pelajaran akidah akhlak kelas IX yang diterapkan di MTs Al-Amien bugih kecamatan pamekasan. merupakan salah satu metode yang dapat melatih siswa untuk lebih aktif dalam bertanya. Dengan ini siswa dituntut untuk memahami sendiri materi pelajarannya, tanpa dijelaskan oleh guru. Sehingga metode ini dapat merangsang siswa untuk bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti tetang materi pelajaran yang akan dipelajari, dan metode ini sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran untuk menciptakan siswa yang berani mengemukakan pendapat, berpikir ktritis dan kreatif. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start With A QuestionDalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX Di Mts Al-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan, adapun fokus penelitian tersebut sebagai berikut: pertama Bagaimana penerapan metode learning start with a question dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan. Yang kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode learning start with a question dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian inkuiri naturalistik. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama,Penerapan metode learning start with a question yang ada pada penelitian ini, yaitu sebelum guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan memulai pembelajaran, terlebih dahulu guru memberikan materi kepada siswa yang berupa bahan bacaan terkait materi yang akan dipelajari kemudian guru memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk mempelajari materi yang sudah diberikan, setelah itu guru memerintahkan kepada siswa jika ada materi yang tidak dipahami di catat dan nantik disuruh bertanya apabila sudah sampai waktunya. Setelah siswa selesai bertanya sambil lalu guru menjelaskan materi yangdipelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa dan meluruskan pendapat siswa yang keluar dari materi pembelajaran. Kedua,penerapan proses pembelajaran learning faktor pendukung dan juga penghambatnya ialah siswa siswa mengalami kesulitan untuk memahami pembelajaran sehingga membutuhkan pembiasaan terlebih dahulu dikarenakan belum terbiasa dengan metode pembelajaran seperti ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 13 Jul 2021 01:02
Last Modified: 25 Jan 2023 01:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1720

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item