Maimuna, Maimuna (2021) Pembelajaran Fiqih Kelas XI Melalui Metode Mind Mapping di MAN Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a. Maimuna-20170701012072-Sampul-PAI.pdf Download (40kB) |
|
Text
c. Maimuna-20170701012072-Halaman Persetujuan-PAI.pdf Download (175kB) |
|
Text
d. Maimuna-20170701012072-Halaman Pengesahan-PAI.pdf Download (381kB) |
|
Text
e. Maimuna-20170701012072-Abstrak-PAI.pdf Download (19kB) |
|
Text
f. Maimuna-20170701012072-Daftar Isi-PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
g. Maimuna-20170701012072-BAB I-PAI.pdf Download (83kB) |
|
Text
h. Maimuna-20170701012072-BAB II-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
i. Maimuna-20170701012072-BAB III-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
Text
j. Maimuna-20170701012072-BAB IV-PAI.pdf Download (137kB) |
|
Text
k. Maimuna-20170701012072-BAB V-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
l. Maimuna-20170701012072-Daftar Pustaka-PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
b. Maimuna-20170701012072-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf Download (15kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, metode Mind Mapping. Pembelajaran fikih merupakan suatu kegiatan (interaksi) yang dilakukan oleh guru dengan siswa dilingkungan belajar sebagai pencapaian proses belajar sehingga siswa dapat mengetahui, memahami, serta melaksanakan syari’at islam seperti halnya ibadah sehari-hari dengan baik dilingkungan sekolah yang dilaksanakan di dalam atau di luar kelas seperti masjid, musholla dan juga dilingkungan keluarga. Di sekolah tentunya guru harus memudahkan pelaksanaan kegiatan dalam mencapai tujuan, salah satunya yaitu dengan metode mind mapping atau pemetaan pikiran. Dimana ini merupakan cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran, atau merencanakan penelitian baru. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas XI melalui metode mind mapping di MAN Sampang?; kedua, Apa saja faktor yang mempengaruhi pembelajaran fiqih kelas XI melalui metode mind mapping di MAN Sampang?; ketiga, Apa saja kekurangan dan kelebihan pembelajaran fiqih kelas XI melalui metode mind mapping di MAN Sampang?;. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di MAN Sampang, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII. Dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas XI melalui metode mind mapping di MAN Sampang yaitu dengan memberikan kata kunci, menulis pokok gagasan sebagai judul utama, kemudian lingkupi dengan gambar seperti lingkaran dan persegi, atau bentuk lainnya agar berbeda, dan juga garis cabang yang setiap poinnya berisi gagasan utama, kadang kalau ada spidol warna, biasanya memakai tiap-tiap cabang, agar tidak sama dan tujuannya agar memudahkan ingatan siswa. Kedua, faktor yang mempengaruhi pembelajaran fiqih kelas XI melalui metode mind mapping di MAN Sampang yaitu faktor lulusan atau alumni, dari siswa, kurang minat membacanya, tuntutan zaman yang mengharuskan guru berinovasi dalam pembelajaran, orang tua dan teman sebangkunya. Ketiga, kekurangan dan kelebihan pembelajaran fiqih kelas XI melalui metode mind mapping di MAN Sampang, kekurangannya yaitu hanya peserta didik yang aktif yang menjawab pertanyaan, anak tidak memungkinkan berpikir kritis karena point-pointnya sudah mereka kuasai, tidak semua informasi penting yang dimasukkan. Sedangkan kelebihannya yaitu menarik perhatian dan tidak membosankan, Mudah mengingat karena point-pointnya sudah jelas, Cakupan materi lebih lengkap dan rinci, mudahkan guru dalam menggali brainstorming siswa, jadi hanya mengembangkan, memancing kreatifitas dan kekritisan siswa dalam menyampaikan point-point dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 01:36 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 01:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1733 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |