Rihlah Ilmiah Dalam Tradisi Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali (Telaah Kitab Ihya’ Ulumiddin)

Moh, Thaha Fauzi (2021) Rihlah Ilmiah Dalam Tradisi Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali (Telaah Kitab Ihya’ Ulumiddin). Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
a) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Cover_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
b) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Pernyataan Keaslian_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
c) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Lembar Persetujuan Pembimbing_ Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (100kB)
[img] Text
d) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Pengesahan_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
e) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Abstrak_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (333kB)
[img] Text
f) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Daftar Isi_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (267kB)
[img] Text
g) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_BAB I_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (607kB)
[img] Text
h) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_BAB II_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
i) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_BAB III_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
j) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_BAB IV_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_BAB V_Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
l) Moh. Thaha Fauzi_20170721044_Daftar Pustaka_ Magister PAI - Moh. Thaha Fauzi.pdf

Download (393kB)

Abstract

ABSTRAK Moh. Thaha Fauzi, 2021, Rihlah Ilmiah Dalam Tradisi Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali (Telaah Kitab Ihya’ Ulumiddin), Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pasacasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I. dan Dr. H. Mohammad Muchlis Solichin, M.Ag. Kata Kunci: rihlah imiah, tradisi pendidikan Islam, al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin. Tidak banyak penelitian tentang rihlah ilmiah ini sebagai tradisi dalam prndidikan Islam. Padahal hal ini merupakan kebiasaan yang sudah menjadi tradisi dalam pendidikan Islam mulai dari Nabi Muhammad SAW, para Sahabat, Tabi’ien, Tabi’ut-Tabi’ien, Atba’ Tabi’ut-Tabi’ien hingga saat ini hampir kesemuanya telah melakukan rihlah ilmiah. Uniknya tradisi ini tetap berlangsung dalam waktu sekian lamanya. Inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti lebih mendalam lagi tentang rihlah ilmiah dalam tradisi pendidikan Islam ini. Yang menjadi permasalahannya dalam hal ini adalah canggihnya teknologi di zaman milenial seperti sekarang ini, apakah rihlah ilmiah masih relevan atau konsep rihlah ilmiah yang sudah menjadi tradisi dalam pendidikan Islam ini masih bisa dipergunakan, karena pada zaman milenial saat ini sangat berbeda jauh siatuasi dan kondisinya dengan zalam sebelumnya, di mana pada zaman sekarang ini segala sesuatunya serba canggih, dilakukan dengan simpel dan instan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metodelogi penelitian kualitatif yang menggunakan data-data primer maupun skunder yang diolah dan ditelaah dengan metode library research. Dan perlu untuk dianalisa data yang ada (Content analysis) untuk memperoleh kesimpulan yang replikatif dan sahih dari data atas dasar konteknya serta untuk mendapatkan hasil yang bagus dan sesuai dengan peraturan tata karya penulisan ilmiah yang ada. Hasil dari penelitian ini mengenai Rihlah Ilmiah persepktif Imam al- Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin. Sehingga terungkap bahwa rihlah ilmiah merupakan suatu hal yang menyenangkan karena rihlah juga merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh apa yang didambakan oleh seseorang. Jadi rihlah harus mempunyai tujuan yang pasti. Adapun bentuk rihlah menurut peneliti yang termasuk kategori rihlah ilmiah dalam kitab Ihya’ Ulumiddin ada dua yang terbagi menjadi empat bentuk kategori yaitu: 1) Rihlah menuntut ilmu, a) Rihlah untuk memperbaiki akhlak, b) Rihlah untuk melihat kekuasaan atau keajaiban ciptaan Allah, 2) Rihlah untuk beribadah. Demikian pula menurut peneliti konsep rihlah ilmiah menurut Imam al-Ghazali di era milenial ini, bisa relevan dan juga bisa tidak relevan karena situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:29
Last Modified: 28 Oct 2021 03:29
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1798

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item