Wasilah, Wasilah (2020) Pelaksanaan Konseling Kelompok dengan Tehnik Assertive Training untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII di SMP Al-Ghazali Tebul Timur Pengantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL- WASILAH 20160701090142.pdf Download (31kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-WASILAH 20160701090142.pdf Download (24kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN- WASILAH 20160701090142.pdf Download (49kB) |
|
Text
4 ABSTRAK- WASILAH 20160701090142.doc Download (26kB) |
|
Text
8 BAB I-WASILAH 20160701090142.pdf Download (135kB) |
|
Text
9 BAB II-WASILAH 20160701090142.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
10 BAB III- WASILAH 20160701090142.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
11 BAB IV-WASILAH 20160701090142.pdf Download (340kB) |
|
Text
12 BAB V-WASILAH 20160701090142.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
13 DAFTAR RUJUKAN-WASILAH 20160701090142.pdf Download (10kB) |
|
Text
14 Pernyataan Tulisan-WASILAH 20160701090142.pdf Download (47kB) |
Abstract
Kejadian dilapangan khususnya pada komunikasi Interpersonal siswa perlu untuk mendapatkan perhatian khusus. Akan tetapi pada realitanya banyak sekali siswa yang memiliki masalah dengan komunikasi interpersonal tersebut, hal ini dapat ditemukan di lingkungan sekolah mereka, sedangkan guru BK di sekolah tersebut kurang memperhatikan masalah yang dialami oleh siswa berkaitan dengan komunikasi interpersonalnya. Salah satunya yakni siswa kelas VIII di SMPI Al-Ghazali yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah. Maka dari itu diperlukan layanan bimbingan dan konseling dari peneliti dibantu oleh guru BK. Layanan ini berupa layanan konseling kelompok dengan tehnik Assertive Training. Dengan tehnik ini siswa di latih untuk bisa mengungkapkan sesuai keinginannya dan mampu berkata tidak. Berdasarkan hal tersebut, maka dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yakni: Pertama Bagaimana komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pegantenan Pamekasan, Kedua Bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dengan tehnik Assertive Training untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pegantenan Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Prosedur pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjang waktu, ketekunan pe ngamatan, dan triangualasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, komunikasi interpersonal siswa kelas VIII rendah dikarenakan terdapat beberapa siswa kurang sosialisasi bahkan dalam proses pembelajaran siswa masih sulit untuk mengungkapkan pendapatnya pada saat guru memberikan pertanyaan terhadap siswa. Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya siswa memiliki rasa malu, tidak percaya diri, selalu merasa tidak nyaman serta memiliki rasa takut terhadap temannya. Kedua pelasaknaan konseling kelompok dengan tehnik Assertive Training mampu meningkatkan komunikasi interpesonal siswa dengan hasil 4 siswa mengalami peningkatan dan 2 siswa yang masih belum mampu berkomunikasi interpersonal dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_002 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Lulu Rif Atin |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 07:03 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 07:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/209 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |