Devi, Yulistiana (2021) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas III di SDN Pagagan 2 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Cover_PGMI.pdf.pdf Download (86kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf Download (82kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Halaman_Pengesahan_PGMI.pdf.pdf Download (549kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Abstrak_PGMI.pdf Download (121kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (102kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_BAB I_PGMI.pdf.pdf Download (161kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (519kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (106kB) |
|
Text
Yulistiana Devi_20170701052076_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan _Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf.pdf Download (78kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Bagi Siswa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan penerapan model pembelajaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar. Pada SDN Pagagan, siswa memiliki tingkat motivasi yang rendah, hal ini ditunjukkan dengan kurangnya siswa dalam bertanya, menjawab dan lain-lain. Sehingga dengan penerapan model pembelajaran ini bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa di SDN Pagagan 2 Pademawu, kedua, Bagaimana pelaksanaan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa di SDN Pagagan 2 Pademawu, ketiga, Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswakelas III di SDN Pagagan 2 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,Perencanaan yang dilakukan oleh Guru di SDN Pagagan 2 yaitu membuat RPP,Guru mempelajari materi yang akan diajarkan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar mengajar dilakukan, juga terkait dengan model pembelajaran yang akan digunakan harus dipelajari terlebih dahulu agar ketika diterapkan hasilnya menjadi maksimal. Kedua, Pelaksanaan proses dilakukan dengan menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa kemudian membentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 siswa dan kemudian menjelaskan bagaimana proses permainannya, kemudian memulai permainannya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kemudian kelompok dengan skor tertinggi mendapatkan hadiah. Ketiga, Hasil dari penerapan model pembelajaran tipe ini 10 dari 12 siswa motivasi belajarnya meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:05 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2134 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |