Arifia, Atiya (2021) Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampua Membaca bagi Siswa Kelas 1 MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
atiya arifia_20160701050012_sampul_PGMI.pdf Download (180kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_halaman persetujuan_PGMI.pdf Download (259kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_HALAMAN PENGESAHA_PGMI.pdf Download (153kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (8kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (169kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_BAB I_PGMI.pdf Download (484kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_BAB IV_PGMI.pdf Download (670kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf Download (226kB) |
|
Text
atiya arifia_20160701050012_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (9kB) |
Abstract
Kata Kunci : Guru, Kemampuan Membaca, Role Playing Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca yang dimiliki oleh siswa kelas I. Bimbingan belajar membaca yang masih monoton menyebabkan siswa merasa bosan saat belajar membaca. Keadaan ini membuat siswa terhambat dalam membaca dan ketertinggalan saat proses kegiatan pembelajaran. Sehingga guru perlu adanya penerapan metode yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penerapan metode role playing dimana yang bertujuan agar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian seluruh siswa kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep yang berjumlah 15 siswa. Model PTK ini menggunakan model Kemmis & Taggart 1982, model ini dilakukan beberapa siklus. Yang menjadi indikator keberhasilan tindakan kelas ditandai dengan adanya perubahan kearah perbaikan dalam proses kegiatan pembelajaran. Indikator yang dicapai siswa dalam penelitian ini adalah suatu tindakan dibandingkan dengan standart minimal yang ditentukan 80% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini siswa dikatakan berhasil jika memiliki nilai 75. Penelitian ini antara peneliti dan guru kelas I MI Miftahul Huda Ellak Laok Lenteng Sumenep mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang digunakan dalam keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan strategi yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan meliputi : menyiapkan RPP, menyiapkan lembar intrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan penelitian pada pembelajaran yang dilakukan secara fleksibel, observasi, yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlngsung, dan refleksi yng dilakukan untuk memikirkan dan mengkaji ulang hasil tindakan paa kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada pra siklus , siklus I, dan siklus II maka diketahui bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep, yaitu, Pertama, Pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah dengan nilai kelulusan 40% rata-rata kelas 74,33. Kedua, Siklus I nilai kelulusan siswa mencapai 53,33% dengan rata-rata kelas 76,73. Ketiga, Siklus II mencapai nilai kelulusan 86,66% dan rata-rata kelas 85,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampua membaca siswa bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_048 ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:55 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:55 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2136 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |