Implementasi Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran IPA pada Kelas IV di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan

Zahrah, Nur Halimatus (2021) Implementasi Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran IPA pada Kelas IV di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_20170701052058_Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_20170701052058_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_20170701052058_ Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_20170701052058_ Abstrak_PGMI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_20170701052058_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_ 20170701052058_ BAB I_ PGMI.pdf.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_ 20170701052058_ BAB II_ PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_ 20170701052058_ BAB III_ PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_ 20170701052058_ BAB IV_ PGMI.pdf.pdf

Download (516kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_ 20170701052058_ BAB V_ PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_ 20170701052058_ Daftar_Pustaka_ PGMI.pdf.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Nur Halimatus Zahrah_20170701052058_ Surat _Pernyataan_ Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf.pdf

Download (233kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Role Playing, Motivasi, Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar berlangsung menunjukkan interaksi guru terhadap siswa kurang dibangun sehingga dalam proses pembelajaran banyak siswa yang tidak aktif dalam kelas, dan merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung. Pada saat pembelajaran berlangsung terlihat beberapa siswa yang tidak fokus sibuk dengan dunianya sendiri hanya sebagian yang memperhatikan guru, siswa kurang semangat dan motivasi dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana Implementasi metode bermain peran (Role Playing) pada mata pelajaran IPA di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan, Kedua Bagaimana Tahapan-tahapan dalam metode bermain peran (Role Playing) pada mata peelajaran IPA di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis kuantitatif deskriptif ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi tentang implementasi metode pembelajaran Role Playing. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini telah mengalami peningkatan hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan skor motivasi belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 75,00% dan pada siklus II 85,04%. Terjadi peningkatan sebesar 10,04% dari siklus I ke siklus II. Setiap indikator motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan dan melebih kriteria minimal yaitu 75%. Hal tersebut dapat dinyatakan bahwasanya rencana perbaikan yang dilakukan pasca siklus I berjalan dengan baik pada pelaksanaan siklus II. Guru lebih menekankan kepada siswa untuk lebih bersungguh-sungguh dalam memerankan tokoh. Sehingga hal tersebut mampu menggerakkan semangat siswa untuk lebih serius dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu tahapan dalam perencanaan siklus II dapat didasarkan pada hasil refleksi siklus I, antara lain: Guru mendeskripsikan kepada siswa untuk fokus dalam memerankan tokoh, Guru menjelaskan alur cerita lebih diperinci agar tidak terjadi kesalahpahaman dan memberikan arahan kepada setiap tokoh pemain terjalin lebih akrab agar tercipta kemistri yang baik antara satu dengan yang lainnya, Guru memberikan kata-kata motivasi agar siswa lebih giat dalam memerankan dan membuat cerita menjadi lebih menarik.Data berdasarkan angket terjadi peningkatan yaitu siklus I sebesar 74,99% dan siklus II 84,59%. Terjadi peningkatan sebesar 9,59% dari siklus I ke siklus II. Peneliti juga melakukan wawancara untuk memberikan hasil data yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_064 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:47
Last Modified: 20 Apr 2022 01:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2147

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item