Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Miftahus Shudur

holidah, Nur (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Miftahus Shudur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Nur Holidah-20170701062042-Sampul-PIAUD.pdf

Download (37kB)
[img] Text
c. Nur Holidah-20170701062042-Halaman Persetujuan-PIAUD.pdf

Download (24kB)
[img] Text
d. Nur Holidah-20170701062042-Halaman Pengesahan-PIAUD.pdf

Download (33kB)
[img] Text
e. Nur Holidah-20170701062042-Abstrak-PIAUD.pdf

Download (20kB)
[img] Text
f. Nur Holidah-20170701062042-Daftar Isi-PIAUD.pdf

Download (28kB)
[img] Text
g. Nur Holidah-20170701062042-BAB I-PIAUD.pdf

Download (43kB)
[img] Text
h. Nur Holidah-20170701062042-BAB II-PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
i. Nur Holidah-20170701062042-BAB III-PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
j. Nur Holidah-20170701062042-BAB IV-PIAUD.pdf

Download (134kB)
[img] Text
k. Nur Holidah-20170701062042-BAB V-PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
l. Nur Holidah-20170701062042-Daftar Pustaka-PIAUD.pdf

Download (24kB)
[img] Text
b. Nur Holidah-20170701062042-Pernyataan Keaslian Tulisan-PIAUD.pdf

Download (7kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi guru, membeca Al-Qur’an anak usia dini Strategi adalah sebuah garis pola yang sudah ditentukan oleh seorang pemimpin untuk mencapai suatu pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah strategi agar tercapai sebuah pembelajaran yang ingin dicapai. Sebuah pembelajaran akan menjadai efektif jika guru memiliki strategi yang tepat yang sesuai dengan kemampuan anak. Mengajari anak tentunya tidak sama dengan mengajari orang dewasa. Disini guru dituntut untuk kreatif agar anak tetap terfokuskan pada guru tersebut, jika anak selalu fokus pada guru maka kemampuan anak cepat meningkat karna anak usia dini merupakan anak yang unik yang berada pada masa golden age/keemasan pada masa tersebut anak mudah untuk berkembang dan anak memiliki sifat peniru jadi sikap guru gampang ditiru oleh anak. Maka dari itu guru harus mengajari anak dengan sikap yang baik dan benar agar anak berkembang dengan baik ketika dewasa, agar anak menjadi baik maka sejak usia dini anak harus diajarkan untuk membaca Al-Qur’an, karna Al-Qur’an salah satu petunjuk untuk umat islam, selain sebagai petunjuk Al- Qur’an juga merupakan kitab yang diturunkan Allah pada nabi Muhammad. Maka dari itu Al-Qur’an sangat penting diajarkan sejak anak usia dini. Berangkat dari fenomena tersebut maka penelitian dilakukan dengan judul” Starategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di RA Miftahus Shudur Dsn. Asem Manis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penulis menggunakan wawancara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskriptif analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamat, trianggulasi. Adapun tahapan penelitian yang digunakan ada 3 tahapan : a.) tahap pra lapangan b.) tahap kegiatan lapangan c.) tahap pelaporan. Hasil yang didapatkan tentang Starategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Miftahus Shudur Dsn. Asem Manis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan adalah yang pertama tahap perencanaan/rancangan dalam tahap ini guru membuat RPPH setelah itu guru mengabsen siswa untuk mengecek kehadiran anak, dan memberi sebuah motivasi serta rangsangan untuk anak. Yang kedua tahap pelaksanaan pada tahap ini anak membaca doa sebelum belajar dan mebaca surat-surat pendek dan menggunakan metode iqro’, pada metode ini ada buku panduanya berupa buku iqro’, buku tersebut dikumpulkan didepan dimeja guru, dan sistem bacanya yaitu dilakukan dengan indivudu/privat, serta memulai bacanya dengan taawudz jika ada mad maka menggunakan jari untuk menghitung panjang madnya. Yang ketiga evaluasi yaitu dengan cara mengetes setiap bacaan anak dan menggunakan symbol bintang untuk yang sudah berhasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_069 ??
?? m_131 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:38
Last Modified: 20 Apr 2022 01:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2155

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item