Sulasmi, Dwianggi Sri (2020) Efektivitas Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV di SDN Guluk-Guluk IV Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Cover_TBIN.pdf.pdf Download (313kB) |
|
Text
c) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Lembaran_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf.pdf Download (118kB) |
|
Text
d) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf.pdf Download (220kB) |
|
Text
e) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Abstrak_TBIN.pdf.pdf Download (146kB) |
|
Text
f) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Daftar_Isi_TBIN.pdf.pdf Download (214kB) |
|
Text
g) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_BAB I_TBIN.pdf.pdf Download (300kB) |
|
Text
h) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_BAB II_TBIN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
i) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_BAB III_TBIN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
j) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_BAB IV_TBIN.pdf.pdf Download (550kB) |
|
Text
k) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_BAB V_TBIN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
l) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf.pdf Download (165kB) |
|
Text
b) DWIANGGI SRI SULASMI_20160701070024_Pernyataan_Keaslian_Karya_TBIN.pdf.pdf Download (229kB) |
Abstract
Pendidikan adalah segala kegiatan yang berguna untuk menambah pengetahuan. Pengetahuan tersebut memerlukan media sebagai perantara penyampaiannya, yang disebut dengan media pembelajaran.Folklor dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan pelajaran kepada murid guna mempermudah proses belajar mengajar. Cerita bergambar adalah salah satu bentuk folklor lisan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, mudah didapatkan dan memuat pesan melalui ilustrasi dan teks tertulis, begitupun penggunaannya dalam pembelajaran keterampilan berbicara, yakni melatih keterampilan berbicara siswa dengan baik dan benar. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi kajian pada penelitian ini,yaitu: pertama, bagaimana efektivitas cerita bergambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelasIV; kedua, langkah apa saja yang harus ditempuh untuk menerapkan cerita bergambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelasIV; ketiga, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan cerita bergambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Guluk-guluk IV Kecamatan Guluk-guluk Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah SDN Guluk-guluk IV, guru kelas dan siswa kelas IV. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tampak pengaruh positifnya, terlihat dari kemampuan siswa kelas IV dalam pembelajaran keterampilan berbicara meningkat dengan sangat baik, siswa mampu menyampaikan gagasan dan pendapat mereka secara lisan tentang materi yang telah diajarkan dengan bantuan media cerita bergambar,dan pembendaharaan kosa kata bahasa lisan siswa berkembang dengan baik. Kedua, langkah yang ditempuh dalam penerapan cerita bergambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara dilakukan secara bertahap oleh guru kelasIV. Ketiga, adapun faktor pendukung dan faktor penghambatnya, disebabkan oleh karakteristik siswa kelas IV yang berbeda, lingkungan keluarga yang membentuk siswa, dan lingkungan sekolah,hal ini dapat menyebabkan beragam faktor berbeda,sebagai faktor pendukung atau malah penghambat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Albab 199204152019031005 Albaburrahim |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 07:07 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 07:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/216 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |