Implementasi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Kelompok B melalui Kegiatan Manasik Haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan

Afiyah, Nurul (2021) Implementasi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Kelompok B melalui Kegiatan Manasik Haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_SAMPUL_PIAUD.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_BAB I_PIAUD.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (737kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Nurul Afiyah_20170701062044_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (96kB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan Nilai Agama dan Moral, Kegiatan Manasik Haji Dalam setiap pembelajaran yang dikemas dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan disekolah, seharusnya dapat mengembangkan aspek perkembangan yang akan ditujukan kepada anak melalui suatu kegiatan. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pengembangan nilai agama dan moral anak kelompok B melalui kegiatan manasik haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pengembangan nilai agama dan moral anak kelompok B melalui kegiatan manasik haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan; ketiga, apa saja dampak dalam implementasi pengembangan nilai agama dan moral anak kelompok B melalui kegiatan manasik haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu pembukaan, inti dan penutup. Dalam kegiatan pembukaan guru membuka dengan salam, menanyakan kabar, berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yang berisi tentang kegiatan manasik haji yang dilakukan secara bersama-sama, kemudian dilanjukan dengan kegiatan penutup dalam kegiatan penutup ini dilakukan penguatan kembali terhadap materi�materi dan pembelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya dengan cara menanyakan ulang kegiatan yang sudah dilakukan, kemudian setelah itu ditutup dengan berdo’a bersama. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi perkembangan nilai agama dan moral anak melaui kegiatan manasik haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya adalah kepala sekolah dan guru, semangat anak dalam belajar, dukungan orangtua. Dan adapun faktor yang menjadi penghambat kegiatannya diantaranya kurangnya tenaga guru, sifat anak yang sangat aktif, kurangnya daya konsentrasi pada anak, anak yang tidak mengikuti aturan, lingkungan sekolah. Ketiga, Adapun dampak dari implementasi perkembangan nilai agama dan moral anak melaui kegiatan manasik haji di RA Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan ada dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Yang menjadi dampak positif kegiatan manasik haji ini adalah anak bisa mengetahui rukun islam yang ke lima, anak bisa memahami tatacara manasik haji sejak dini, anak mampu mengenal tentang agamanya sejak dini, anak akan terbiasa melakukan hal-hal yang baik, mempermudah guru untuk mengajar. Dan yang menjadi dampak negatif dari kegiatan manasik haji ini adalah timbulnya rasa ingin memiliki yang tinggi, anak minim pengetahuan tentang manasik haji, pola pikir masyarak tentang sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_057 ??
?? m_176 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:32
Last Modified: 20 Apr 2022 01:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2168

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item