Implementasi Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Adirasa Jumiang Desa Tanjung Kacamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Aini, Qurratul (2021) Implementasi Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Adirasa Jumiang Desa Tanjung Kacamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1) Qurratul Aini_20170701062047_SAMPUL_PIAUD.pdf

Download (235kB)
[img] Text
2) Qurratul Aini_20170701062047_HALAMANPERSETUJUAN-PIAUD.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3) Qurratul Aini_20170701062047_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4) Qurratul Aini_20170701062047_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5) Qurratul Aini_20170701062047_KATA PENGANTAR_PIAUD.pdf

Download (268kB)
[img] Text
6) Qurratul Aini_20170701062047_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (152kB)
[img] Text
7) Qurratul Aini_20170701062047_BAB I_PIAUD.pdf

Download (404kB)
[img] Text
8) Qurratul Aini_20170701062047_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
9) Qurratul Aini_20170701062047_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
10) Qurratul Aini_20170701062047_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (548kB)
[img] Text
11) Qurratul Aini_ 20170701062047_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
12) Qurratul Aini_20170701062047_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf

Download (272kB)
[img] Text
13) Qurratul Aini_ 20170701062047_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (161kB)
[img] Text
16) Qurratul Aini_20170701062047_RIWAYAT HIDUP_PIAUD.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Kegiatan Bermain Peran, Anak Usia Dini Bermain peran adalah berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial atau psikologis. Depdikbud menunjukkan bahwa bermain peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang digunakan untuk menjelaskan perasaan, sikap, tingkah-laku dan nilai, dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandangan dan cara berfikir orang lain. Pembelajaran menggunakan metode ini akan membawa peserta didik untuk belajar memecahkan masalah pribadi, dengan bantuan kelompok sosial yang anggotanya adalah teman-temannya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini ada tiga beberapa masalah yang dibahas peneliti Pertama, pengimplementasian metode bermain peran terhadap aspek nilai agama Dan moral pada anak usia dini di RA Adirasa Jumiang Desa Tanjung Kacamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Kedua faktor pendukung dalam pengimplementasian Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini di RA Adirasa Jumiang Desa Tanjung Kacamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Ketiga faktor penghambat pengimplementasian Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini di RA Adirasa Jumiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepada kepala sekolah dan guru kelas B. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. untuk pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, pengimplementasian metode bermain peran terhadap aspek nilai agama Dan moral pada anak usia dini di RA Adirasa Jumiang Desa Tanjung Kacamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, yaitu: guru terlebih dahulu bercerita tentang memersiapkan naskah drama untuk di bagikan kepada peserta didik dan ada juga yang membebaskan peserta didik memilih naskah sendiri namun tetap harus pantauan dari guru. Selain mempersiapkan naskah guru juga harus membagikan kelompok baik itu secara acak maupun dari urutan dari absensi kelas. Dan pada saat pertunjukan berlangsung guru juga harus memperhatikan alokasi waktu yang digunakan agar pada saat pertunjukkan selesai bisa melakukan evaluasi dan juga memberikan penjelasan yang yang lebih rinci lagi terkait materi yang di sampaikannya. Kedua, Adapun faktor pendukung ialah antusias siswa, kreatifitas guru dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya ialah memakan banyak waktu, kurangnya persiapan dari siswa, dan kurangnya rasa percaya diri dalam diri siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_131 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:32
Last Modified: 20 Apr 2022 01:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2169

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item