Penggunaan Komunikasi Interpersonal Guru dalam membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini di KB A Tanwirul Qulub Barurambat Kota pamekasan

Risqi, Mamluatur (2020) Penggunaan Komunikasi Interpersonal Guru dalam membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini di KB A Tanwirul Qulub Barurambat Kota pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Mamluatur Risqi_20160701060035_Cover_PIAUD.pdf

Download (183kB)
[img] Text
b) Mamluatur Risqi_20160701060035_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PIAUD.pdf

Download (122kB)
[img] Text
c) Mamluatur Risqi_20160701060035_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (203kB)
[img] Text
d) Mamluatur Risqi_20160701060035_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (253kB)
[img] Text
e) Mamluatur Risqi_20160701060035_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (31kB)
[img] Text
f) Mamluatur Risqi_20160701060035_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (42kB)
[img] Text
g) Mamluatur Risqi_20160701060035_BAB I_PIAUD.pdf

Download (230kB)
[img] Text
h) Mamluatur Risqi_20160701060035_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
i) Mamluatur Risqi_20160701060035_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
j) Mamluatur Risqi_20160701060035_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (182kB)
[img] Text
k) Mamluatur Risqi_20160701060035_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
l) Mamluatur Risqi_20160701060035_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK Mamluatur Risqi, 2020, Penggunaan Komunikasi Interpersonal Guru dalam membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini di KB A Tanwirul Qulub Barurambat Kota pamekasan, Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing Dr.Hj.Waqiatul Masruroh, M.Si. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter religius anak masih banyak yang belum terbentuk dan pandangan orang tua beserta pendidik yang masih memiliki pandangan yang kurang tepat dan sempit tentang proses pelaksanaan pembentukan kepribadian anak melainkan lebih menfokuskan pada kegiatan akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan, faktor pendukung dan penghambat serta dampa positif dan negatif komunikasi interpersonal dalam membentuk karakter religius anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai informasi dalam penelitian ini antara lain guru KB Tanwirul Qulub Barurambat Kota Pamekasan dan orang tua atau wali murid KB Tanwirul Qulub Barurambat Kota Pamekasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan komunikasi interpersonal merupakan rancangan kegiatan proses belajar mengajar yang menghasilkan suatu pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam membentuk karakter religius anak. Faktor pendukung dari penggunaan komunikasi interpersonal guru yaitu dirancang dengan metode bercerita serta melakukan tanya jawab. Sedangkan faktor penghambat penggunaan komunikasi interpersonal guru adalah sebagian anak masih lambat dalam berpikir sehingga penyampaiannya tidak dapat dicerna dengan baik. Dampak positif dari penggunaan komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter religius adalah anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan membentuk karakter religius anak lebih baik dari sebelumnya, sedangkan dampak negatif dari penggunaan komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter religius tidak ada karena guru telah menyampaikan dengan baik kepada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_090 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lulu Rif Atin
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:08
Last Modified: 14 Aug 2020 07:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/217

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item