Maulidah, Luluk (2020) Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Menambah Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_Cover_PIAUD.pdf Download (36kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_Lembar Persetujuan pembimbing_PIAUD.pdf Download (33kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_Lembar pengesahan_PIAUD.pdf Download (52kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (86kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_Daftar_Isi_PIAUD.pdf Download (32kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_BAB I_PIAUD.pdf Download (100kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_BAB IV_PIAUD.pdf Download (145kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (88kB) |
|
Text
Luluk Maulidah_18201501060026_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_Tulisan_PIAUD.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle, Konsentrasi Media memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Karena media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajarannya yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana bentuk-bentuk media pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep?., kedua Bagaimana penerapan media pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep?., ketiga Adakah hambatan dalam menerapkan media pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep?. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dikarenakan data yang diambil berupa kata-kata bukan angka. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, serta murid-murid RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Bentuk-bentuk Media Pembelajaran Puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep sangatlah sederhana dan dirancang sendiri oleh guru, yaitu hanya berupa gambar yang berbentuk kepingan dengan model lurus. Penerapan bentuk dan model yang sederhana diharapkan dapat mempermudah anak dalam menyusunnya. Kedua, Penerapan Media Pembelajaran Puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep media pembelajaran puzzle yang diterapkan di RA Al-Ghazali tidak jauh berbeda dengan penerapan media pembelajaran puzzle yang ada di lembaga lembaga pendidikan anak usia dini pada umumnya. Hanya saja di RA Al-Ghazali media pembelajaran puzzle yang diterapkan dalam pembelajaran biasanya berupa gambar dari kertas yang kemudian dipotong potong lurus menjadi 2 sampai 4 bagian dan untuk gambarnya sendiri mengikuti tema yang sudah ditentukan sebelumnya. Ketiga, Faktor penghambat dalam penerapan media pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, yaitu karena keadaan psikis anak yang masih ada yang mudah bosan dan lelah serta keadaan kelas yang tidak kondusif dikarenakan adanya salah satu anak yang suka asyik sendiri dan suka mengganggu temannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_020 ?? ?? m_131 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:30 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2173 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |