Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Teknik Simak Ulang Ucap di Kelas V SDN Kolpajung 2

Safira, Noviyanti Riska (2021) Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Teknik Simak Ulang Ucap di Kelas V SDN Kolpajung 2. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Noviyanti Riska S._20170701072078_Cover_TBIN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
c) Noviyanti Riska S._20170701072078_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
d) Noviyanti Riska S._20170701072078_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
e) Noviyanti Riska S._20170701072078_Abstrak_TBIN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
f) Noviyanti Riska S._20170701072078_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
g) Noviyanti Riska S._20170701072078_BAB_I_TBIN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
h) Noviyanti Riska S._20170701072078_BAB_II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
i) Noviyanti Riska S._20170701072078_BAB_III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
j) Noviyanti Riska S._20170701072078_BAB_IV_TBIN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
k) Noviyanti Riska S._20170701072078_BAB_V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
l) Noviyanti Riska S._20170701072078_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
b) Noviyanti Riska S._20170701072078_Surat_Keterangan_Keaslian_Tulisan_TBIN.pdf

Download (43kB)

Abstract

Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan Menyimak, Teknik Simak Ulang Ucap Kegiatan menyimak yang terjadi pada situasi di dalam kelas seringkali menunjukkan beberapa fenomena yang membuat siswa harus menyimak dengan sangat teliti. Sehingga sebagian siswa seringkali tidak bisa mengikuti apa yang sedang dipelajari karena memiliki keterampilan menyimak yang kurang. Rendahnya keterampilan menyimak siswa pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor misalnya faktor fisik dan psikis. Namun peneliti menemukan fakta di lapangan yaitu pada siswa kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan bahwa keterampilan menyimak siswa dalam proses belajar di dalam kelas masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dengan menerapkan teknik simak ulang ucap dengan memperkenalkan bunyi Bahasa dan cara mengucapkannya. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu yang pertama bagaimana peningkatan keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Teknik simak ulang ucap di kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan? Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keterampilan menyimak menggunakan Teknik simak ulang ucap di kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kolpajung 2 Pamekasan dengan subjek penelitian siswa kelas V yang memiliki absen ganjil berjumlah 14 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penulis menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kinerja, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama teknik simak ulang ucap mampu meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Kolpajung II Pamekasan. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil yang diperoleh siswa pada setiap tahap, yaitu pada tahap pra siklus hasil yang diperoleh oleh peneliti hanya berjumlah 43,56, kemudian setelah diterapkan Teknik simak ulang ucap siklus I mengalami sedikit peningkatan sehingga menjadi 58,06, peningkatan terjadi pada siklus II dengan jumlah 77,83. Kedua, terdapat beberapa faktor pendukung dalam kegiatan penelitian keterampilan menyimak siswa yaitu faktor psikologis siswa, faktor lingkungan sekitar, faktor motivasi siswa, dan teks cerita yang menarik yang disampaikan oleh peneliti. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan penelitian keterampilan menyimak siswa adalah faktor lingkungan dan teman, faktor psikologis (ingatan), dan faktor kebosanan dari masing-masing siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:57
Last Modified: 19 Apr 2022 01:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2215

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item